Aturan Sederhana Bekerja Selama Puasa

Ilustrasi minum dan makan di kantor
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bekerja dan beribadah tentunya memiliki orientasi yang berbeda, sebab yang satu untuk memenuhi kebutuhan duniawi dan yang satu untuk rohani dan akhirat.  Untuk beribadah sebenarnya tidak terbatas pada ruang dan waktu.

Lebaran 2015, Pendapatan PT KAI Melebihi Target.

Selama ada niat untuk menjalankannya, hal tersebut dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, termasuk saat sedang bekerja di kantor. Berikut ini beberapa aturan sederhana dalam berkeja selama puasa dilansir Boldsky.

Manfaatkan jam istirahat


Mintalah kepada atasan Anda bahwa Anda akan bekerja selama waktu makan siang agar bisa pulang lebih awal. Cara lainnya Anda juga dapat memanfaatkan waktu istirahat dengan tidur siang secara singkat setelah salat. Hal ini akan membuat Anda merasa energik selama berpuasa.

Hindari pekerjaan terlalu keras


Untuk mencegah rasa haus di tempat kerja, minumlah banyak air putih atau buah saat sahur sehingga Anda akan terhidrasi sepanjang hari. Ini juga akan menghindari kelelahan di tempat kerja.

Hindari pembicaraan panjang


Jika Anda memiliki banyak teman di kantor, sangat mungkin bahwa Anda akan selalu senang berbicara dengan mereka setiap kali Anda bebas. Namun di bulan suci Ramadhan sebaiknya hindari obrolan yang panjang. Hal ini tidak hanya akan membuat puasa Anda makruh tetapi juga akan menguras energi Anda.

Hindari lembur

Karena Anda harus bangun pada malam untuk sahur dan salat, sebaiknya Anda minta kepada atasan Anda untuk menyesuaikan waktu Anda selama bulan Ramadhan. Jika Anda selalu berdedikasi dalam pekerjaan Anda, atasan Anda pasti akan memungkinkan Anda bekerja pada siang hari.

Hindari Gosip


Jika Anda memiliki waktu luang di kantor, dedikasikan waktu Anda untuk berdoa atau membaca Al-quran daripada terlibat dalam gosip dan membuang-buang waktu bulan penuh berkah ini

Memiliki kesabaran


Jika salah satu dari rekan Anda menguji kesabaran Anda dan membuat Anda merasa kesal, sebaiknya Anda tenang dan sabar. Katakan padanya bahwa Anda sedang berpuasa dan Anda tidak bisa membantahnya.

Jangan tidur


Untuk menghindari kantuk selama bulan Ramadhan di tempat kerja, tidurlah kembali setelah shalat subuh. Melakukan hal tersebut tidak akan membuat Anda lelah dan mengantuk di tempat kerja.

Atur untuk buka puasa bersama


Jika banyak karyawan lainnya yang sedang menjalani ibadah berpuasa, maka Anda dapat mengatur tempat makan untuk berbuka puasa bersama-sama. Anda akan mendapatkan berkah lebih banyak di bulan Ramadhan jika Anda mengajak orang lain untuk berbuka puasa.

Warga India

MA India Izinkan Puasa Sampai Mati

Pengikut Jain mempraktikan tidak makan, minum dan bersenang-senang.

img_title
VIVA.co.id
1 September 2015