Mainan Kenangan Masa Kecil Oppie Andaresta

Oppie Andaresta di acara Menyelami Kegairahan Masa Kecil di Bentara Budaya, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Mengenang masa kanak-kanak memang bisa memunculkan nostalgia yang menyenangkan. Begitu pun yang dirasakan penyanyi Oppie Andaresta. Ketika memori masa kecilnya teringat, ada perasaan nyaman dalam hatinya.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Oppie menuturkan, ada banyak hobi yang dilakukannya ketika kecil dahulu. Bukan hanya hobi bernyanyi, tapi juga bermain permainan tradisional.

“Seperti permainan lompat tali dari karet yang dikepang, terus mainnya bareng teman-teman dekat rumah. Pernah juga main congklak, gobak sodor, gatrik, petak umpet," ujar Oppie saat acara Menyelami Kegairahan Masa Kecil di Bentara Budaya, Jakarta, Sabtu 25 Februari 2017.

Siswa Madrasah Bermain MB Junior Bersama Iriana Jokowi dan OASE KIM 

Bagi ibu dua anak ini permainan masa kecilnya amat sangat menyenangkan, apalagi kalau itu memang belum ada serbuan teknologi. Televisi pun belum banyak saluran yang memberikan variasi tayangan.

Tapi, seiring perkembangan zaman, permainan tradisional pun semakin tergeser oleh teknologi. Dan kini Oppie semakin menyadari bahwa permainan tradisional memiliki nilai filosofi yang sangat baik.

Ajak Anak Main MB Junior, Cara Kemenag Kampanyekan Moderat Sejak Dini

"Permainan tradisional anak banyak mengandung pesan sifat jujur yang ternyata sampai sekarang pun memang itu yang dicari. Mainan tradisional itu kita belajar sportif, kalau kalah harus menerima, kalau menang enggak boleh sombong," kata dia.

Di samping itu, penyanyi yang melejit lewat lagu Cuma Khayalan itu juga menilai ada rasa kebersamaan dan gotong royong dalam permainan tradisional. Permainan tradisional juga membuatnya belajar berstrategi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan.

"Sampai sekarang hal itu memang diperlukan. Itu adalah dasar hidup, akar yang sudah ditanamkan dari kecil," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya