Berapa Usia Bayi dalam Kandungan Bisa Mendengar

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA.co.id – Membiasakan diri berkomunikasi dengan buah hati sebaiknya dimulai sejak dalam kandungan. Namun, pada usia kandungan berapakah, si jabang bayi bisa mendengar dan merespon ibu ketika di ajak bicara?

Miris, Bayi ‎di Mandailing Natal Lahir Tanpa Batok Kepala

Dalam kandungan, organ bayi mulai terbentuk ketika usia kandungan menginjak 20 minggu. Pada usia 16 minggu (4 bulan). Lalu ketika kandungan menginjak usia 20 minggu, organ telinga si kecil diperkirakan sudah tumbuh sempurna.

"Di usia kehamilan ke 26-27 minggu, janin akan merespons pada suara dan getaran yang dipaparkan pada perut ibu. Janin akan merespons dengan bergerak atau mengalami perubahan detak jantung," ujar profesor Barbara Kisilevsky.

Pria, Ini Trik Membahagiakan Istri saat Hamil

Dituturkannya, usia kehamilan 30 hingga 32 minggu, membuat janin dapat mendengar kegaduhan seperti suara atau musik. maka, di sinilah biasanya si kecil merespons dengan menendang.

Dilansir dari laman Today's parent, janin juga akan terbiasa dengan suara tubuh ibu seperti detak jantung, aliran darah, bunyi perut, dan paling penting yaitu suara dari si ibu. Menurut sebuah riset, janin akan sering mengangkat kepalanya saat mendengar suara sang ibu dibandingkan suara wanita asing lainnya.

Tega, Bayi Baru Lahir Dibuang di Perkebunan Sawit

Bahkan, sebuah riset yang dilakukan oleh profesor psikolog, Janet Werker, menemukan bahwa ritme dari bahasa yang digunakan sang ibu, membantu janin dalam mengembangkan bahasanya. Sehingga, di usia kehamilan ini juga, janin mampu mempelajari dua bahasa jika sang ibu sering menggunakannya. Namun, jika sang ibu hanya menggunakan satu bahasa, janin akan mengabaikan bahasa asing lain yang ia dengar. (adi)

Ilustrasi ibu hamil.

Stretch Marks Bikin Bumil Tak Pede, Dokter Ungkap Pencegahannya

Stretch marks merupakan tarikan-tarikan otot perut ke arah samping yang menimbulkan garis-garis di kulit.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2022