Tips Agar Si Kecil Tetap Aman Saat Terpisah di Keramaian

Ilustrasi orangtua dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengajak anak berjalan menikmati udara segar merupakan hal yang baik. Namun, rasa khawatir kerap mengganggu saat membawa anak di tengah keramaian. Walaupun terasa mengerikan, tapi beberapa tips ini wajib Anda ketahui agar anak tetap aman walaupun berpisah dengan Anda.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Musim panas atau musim berlibur telah tiba. Pastinya, hal yang menyenangkan untuk mengajak anak bermain di luar. Banyaknya orang membuat kemungkinan untuk terpisah dengan anak saat Anda lengah, sehingga salah satu departemen kepolisian di Clovis, California, memberikan tips agar anak mudah ditemukan saat berpisah dengan orangtuanya di tengah keramaian.

Mereka memberikan cara agar sang anak dapat mudah dihubungi oleh yang menemukannya kala berpisah dengan orangtua. "Tulis nomor telepon di lengan tangannya lalu lapisi dengan selotip," tulisnya melalui akun Instagram, seperti dikutip dari laman Parenting.

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

Selain itu, ahli tumbuh kembang anak, Dr Deborah Gilboa, juga membagikan beberapa saran untuk mempermudah penemuan anak yang terpisah dengan orangtuanya. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar memastikan si kecil dapat mudah ditemukan saat terpisah di keramaian.

Ajari anak menghafal nomor telepon

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Punya 46 Anak Asuh: Qadarallah Belum Dikasih Keturunan

Sejak usia empat tahun, ia berujar agar anak mulai dikenalkan untuk mengingat nomor telepon kedua orangtuanya. Sehingga, saat ada orang lain yang menemukannya, ia dapat dengan mudah meminta tolong untuk menghubungi orangtua.

Beritahu anak orang-orang penting

Sejak dini, beritahu anak siapa saja orang-orang penting yang dapat membantunya dalam kesulitan. Misalnya, beritahu ciri-ciri polisi dengan mengenali seragamnya yang khas atau pun tanda pengenal yang dikenakannya di seragam.

Beri tanggung jawab pada anak

Saat Anda berada di keramaian sebuah konser yang ada tempat duduknya, berikan anak tanggung jawab untuk memegang sendiri tiketnya. Karena, hal itu membuatnya bisa bertanggung jawab akan apa yang ia miliki dan juga mempermudah Anda menemukannya.

Ingatkan kembali si kecil

Memang mengerikan jika harus berpisah dari si kecil, namun beritahu beberapa hal yang membuatnya mengerti bahwa kebersamaan kalian harus terus terjaga di tengah keramaian. Hal tersebut setidaknya membuat si kecil pergi dan bertindak seenaknya sehingga terpisah dari Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya