Ini Fungsi Forum Anak yang Wajib Diketahui

Ilustrasi kakak beradik.
Sumber :
  • Pixabay/HaiRobe

VIVA.co.id – Indonesia memiliki jutaan anak yang masing-masingnya ingin menyuarakan pendapatnya pada pemerintah. Untuk itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menggalakkan forum untuk anak agar mempermudah pemerintah dalam mendengar keinginan para calon penerus bangsa.

Mengejutkan! Banyak Calon Dokter Spesialis Alami Depresi, Kemenkes Ungkap Penyebabnya

Dalam melindungi kaum perempuan dan anak, khususnya anak di berbagai usia, dibutuhkan kontribusi dari banyak pihak termasuk lapisan masyarakat luas. Terlebih, anak memiliki empat hak dasar yang harus diberikan.

"Hak dasar anak yaitu untuk hidup, untuk tumbuh kembang, untuk dapat perlindungan dan untuk bisa berpartisipasi. Dengan forum anak, maka haknya sudah bisa terpenuhi," ujar Sekretaris KPPPA, Wahyu Hartono, Jakarta, Senin 26 September 2016.

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

Saat ini, kata Wahyu, suara anak harus bisa didengar dan sampai di telinga pemerintah agar semakin memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, forum anak dirasa mampu mempermudah kebutuhan anak-anak di Indonesia.

"Forum anak itu kan terdiri dari segala lapisan dan keluarga. Dengan perkumpulan forum itu, maka suaranya bisa semakin didengar oleh pemerintah karena disalurkan melalui satu tempat yang resmi," jelasnya.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Forum anak ini dikumpulkan berdasarkan hobinya dan telah diusung oleh KPPPA untuk memperjuangkan hak anak. Sehingga, Wahyu berharap bahwa forum anak ini bisa semakin berkembang dengan suara dari anak yang bisa memberikan hak yang sudah seharusnya didapatkan anak.

"Setiap tahun anak-anak indonesia itu memang dikumpulkan dan masing-masing memberikan suaranya untuk nanti dirangkum dan melalui kami, diberikan pada presiden apa yang mereka minta. Hal ini untuk memenuhi hak anak," kata dia.

ilustrasi lomba mewarnai

Psikolog: Dunia Anak adalah Bermain dan Mewarnai

Sebelum masuk dunia sekolah, anak bisa dikenalkan bersosialisasi.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2016