Hilangkan Anemia dan Sariawan dengan Ketumbar

Rempah-rempah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Ketumbar selama ini dikenal sebagai salah satu jenis rempah-rempah yang kerap digunakan untuk bumbu masakan. Rempah ini cukup populer di beberapa negara Asia. Namun tak hanya bermanfaat di dunia kuliner, ketumbar juga sarat manfaat untuk kesehatan.

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Berikut beberapa manfaat ketumbar yang dikutip dari laman Boldsky.

Mengatasi gangguan kulit

Manfaat Allspice: Rempah Jamaika Serbaguna untuk Kesehatan

Ketumbar memiliki kandungan antioksidan dan antiseptik. Diketahui dengan memakan beberapa helai daun ketumbar mampu mengobati beberapa jenis penyakit, salah satunya penyakit kulit seperti kulit kering, ekzema dan infeksi jamur. Caranya, konsumsi daun ketumbar saat perut masih kosong.

Mengontrol tekanan darah

10 Manfaat Jahe bagi Kesehatan, Solusi Sembuhkan Berbagai Penyakit

Selain mengatasi penyakit kulit, ketumbar juga mampu mengontrol tekanan darah. Konsumsi ketumbar akan menurunkan tekanan darah dan mempu mengatasi rasa stres yang diderita oleh pengidap hipertensi.

Anemia

Ketumbar juga memiliki kadar zat besi yang tinggi. Tentunya zat besi sangat dibutuhkan oleh mereka yang mengidap anemia atau kekurangan darah. Konsumsi jus ketumbar setiap pagi dipercaya dapat mengatasi masalah ini.

Sariawan

Kandungan citronellol adalah komponen antiseptik utama yang terdapat dalam ketumbar. Ketumbar mengandung  antibakteri yang bisa mengatasi sariawan. Cukup dengan mengunyah daun ketumbar tiga kali sehari, maka sariawan akan lenyap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya