Kenali Manfaat dan Gerakan Senam Kegel

VIVAnews - Setelah melahirkan dan memiliki bayi, tubuh wanita akan mengalami perubahan. Masalah yang timbul setelah menjadi ibu diantaranya varises, pinggul membesar, kelebihan berat badan, bahkan kaki yang lebih besar.

Organ tubuh yang paling berpengaruh setelah seorang wanita melahirkan adalah daerah panggul. Bagian panggul bertanggung jawab saat membawa bayi selama hamil. Seringkali akibat kelelahan selama hamil, wanita mengalami inkontinensia.

Saat itulah, seorang wanita membutuhkan latihan senam Kegel seperti yang dikatakan pakar Dr. Arnold Kegel.

Latihan Kegel membantu memulihkan dan memperkuat otot-otot yang mengelilingi dan mendukung kandung kemih, rahim, rektum, dan uretra (otot panggul). Otot-otot ini dikenal sebagai otot pubococcygeal. Paska melahirkan, kegel mampu mencegah masalah kandung kemih wanita.

Latihan Kegel membantu Anda memperlambat atau menghentikan aliran air seni, serta otot-otot yang mencegah keluarnya gas.

Setelah faham otot-otot apa saja yang akan Anda latih selama melakukan kegel, berikut beberapa latihan gerakan Kegel.

1. Berbaring dengan tangan di atas perut bagian bawah dan cobalah untuk tidak menggunakan atau menggerakkan perut Anda.
2. Cobalah menarik otot panggul ke atas dan kemudian ke dalam dan tahan selama mungkin. Tahanlah posisi tubuh selama sepuluh detik.
3. Perlahan-lahan lepaskan otot dan istirahat selama 10-20 detik.
4. Tarik otot-otot panggul ke atas. Pada gerakan kedua ini, Anda sudah harus dapat merasakan otot-otot 'ditarik' ke atas.
5. Ulangi gerakan sebanyak Anda bisa melakukannya.

Cara sederhana mengetahui apakah Anda sudah melakukan latihan secara akurat adalah dengan memasukkan salah satu jari Anda ke dalam organ intim (cuci tangan sebelum dan setelahnya).

Coba tekan otot-otot Anda. Jika merasakan otot-otot menegang di sekitar tempat yang Anda sentuh walaupun hanya sedikit, berarti latihan Anda sudah membuahkan hasil. Lakukan latihan secara berulang-ulang.

Setelah melakukan gerakan Kegel selama beberapa minggu hingga satu bulan, Anda akan semakin mudah mengatasi kandung kemih dan mengencangkan organ intim.

Kegel tidak memerlukan biaya dan peralatan dan bisa dilakukan dimana saja. Beberapa studi menunjukkan, melakukan senam Kegel menurunkan 75 persen kebutuhan operasi akibat inkontinensia stres. Gerakan Kegel selama masa kehamilan juga berfungsi memperkuat otot panggul, dan mempercepat pemulihan pasca-melahirkan.

PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus
ODGJ Ngamuk di Cengkareng, Mau Tikam Kakaknya

ODGJ Ngamuk di Cengkareng Mau Tikam Kakanya Sendiri, Ternyata Kabur dari Dinsos

Seorang pria berinisial A yang merupakan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, mengamuk hingga nyaris menikam keluarganya sendiri. Untung

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024