Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil

VIVAnews - Banyak pendapat mengatakan, pada prinsipnya kehamilan bukanlah penyakit. Jadi selama menjalaninya Anda tidak perlu khawatir dalam memilih makanan maupun  minuman. 

Namun ada baiknya jika Anda mewaspadai beberapa jenis makanan atau minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh sang calon ibu. Ini semata-mata demi kebaikan janin Anda.

Berikut jenis makanan dan minuman yang harus dihindari selama hamil seperti dikutip dari laman shine:

Daging Mentah
Jika Anda penggemar steak, sebaiknya buang jauh-jauh angan Anda untuk melahapnya. Daging yang dimasak kurang matang dapat membawa virus salmonella, E.coli, dan bakteri toksoplasmosis. Jika dikonsumsi dapat menyebabkan mual dan diare. Yang lebih membahayakan, daging dapat menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur. Untuk menghindarinya, pastikan daging dimasak dengan baik. Untuk daging merah sebaiknya dimasak pada suhu 170 ° F. Simpelnya, hindari asupan makanan yang dimasak kurang matang, termasuk juga untuk jenis makanan laut.

Jauhi Alkohol
Buang jauh-jauh kebiasan buruk minum alkohol. Alkohol dapat merusak dan menghambat perkembangan janin terutama pada trimester pertama. Namun, pada akhir kehamilan, meminum satu gelas kecil anggur tidak masalah. Tetapi sebaiknya konsultasikan hal itu pada dokter Anda.

Kurangi Kafein
Para dokter setuju bahwa jumlah kafein setara dengan dua cangkir kopi per hari, tidak akan membahayakan Anda maupun si jabang bayi. Tapi sangat dianjurkan agar jumlahnya dikurangi.

Makanan Laut Mengandung Merkuri
Ikan laut seperti salmon, tuna, dan udang banyak mengandung omega-3 asam lemak esensial yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Tapi makanan laut juga dapat mengandung merkuri berbahaya, jadi lebih baik batasi asupan untuk satu atau dua ons enam porsi per minggu.

Teh Herbal
Kebanyakan teh herbal, seperti peppermint atau chamomile, akan baik-baik saja jika diminum ibu hamil. Tapi sebaiknya tanyakan lebih dulu pada dokter Anda untuk memastikan teh tidak mengandung bahan yang dapat membahayakan si bayi. Sebab bahan herbal seperti daun raspberry dapat menyebabkan kontraksi.

Keju Lembut
Keju lembut dapat mengandung bakteri yang berbahaya bagi bayi jika tidak dipasteurisasi. Pastikan untuk memeriksa label dan bertanyalah pada dokter terlebih dahulu.

Pemanis Buatan
Pengganti gula seperti aspartam, NutraSweet dan Splenda adalah bahan kimia tambahan yang belum cukup diteliti untuk menentukan apakah aman selama kehamilan. Sebaiknya, batasi diet soda dan permen bebas gula. Jika ingin makan yang manis, cicipi sesekali saja.

Hati
Hati sapi memang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hati merupakan sumber zat besi dan mengandung vitamin A yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Namun, karena organ ini merupakan penyaring racun, maka bisa jadi terlalu riskan untuk mengnonsumsinya saat hamil.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024