Kapan Waktu Terbaik untuk Sarapan

Wanita makan spaghetti
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Tidak sarapan, bisa bikin kurus? Itu salah kaprah. Tidak bisa dipungkiri, sarapan makin tidak populer di kalangan wanita. Bagi mereka, lebih baik langsung makan siang dari pada harus menambah lemak pada tubuh di pagi hari.

Sebenarnya, keyakinan ini berlawanan dengan fakta. Menurut Shereen Jegtvig, ahli gizi dan penulis "Superfood for Dummies', menghindari sarapan dengan tujuan mengurangi berat badan adalah salah.

Ini Instansi yang Bisa Terapkan WFH 50% pada 16-17 April, Pelayanan Publik Wajib WFO 100%

"Naik-turunnya berat badan itu diperhitungkan dari asupan kalori yang masuk dalam sehari. Meskipun tidak sarapan, tetapi bila dalam sehari kalori yang masuk melebihi kebutuhan tubuh, maka kalori yang tidak digunakan akan disimpan," kata Jegtvig.

Bisa jadi, bukannya menjadi langsing, bobot tubuh Anda malah makin membengkak. Pasalnya, perut kosong di pagi hari bisa menyebabkan Anda makan berlebihan di siang hari, karena rasa lapar yang ditahan-tahan. Belum lagi, bermacam-macam camilan yang dimakan sebagai pengganjal perut tanpa mengenal waktu, seperti yang dikutip dari shineyahoo.

Jadi, sarapan itu sama pentingnya dengan makan siang. Hanya saja jumlah atau kebutuhan makan pagi tidak sebanyak makan siang. Secara persentase, jumlah santapan pagi sekitar seperempat makanan yang seharusnya dikonsumsi sehari, yakni sarapan setidaknya 300-400 kalori dari 1500-1700 kalori yang dibutuhkan tubuh per hari.

Lantas, kapan sebaiknya sarapan? Waktu terbaik untuk sarapan adalah sebelum memulai aktivitas, yaitu sebelum berangkat kerja atau sebelum memulai kegiatan rutin. Idealnya, 15 - 30 menit setelah Anda bangun pagi dan tidak lebih dari pukul 8 pagi. Kebiasaan ini bisa
membuat Anda kenyang lebih lama, dan pas untuk mengonsumsi buah atau camilan sehat lainnya pada pukul 10 pagi atau sebelum makan siang.

Apa yang dimakan? Mungkin sebagian besar dari Anda percaya bahwa minum teh saja di pagi hari sudah cukup untuk mengawali aktivitas. Tapi, sebenarnya sarapan ideal itu bukan sembarang sarapan. Komposisinya mesti mencakup semua nutrisi dari karbohidrat, lemak, protein, buah, dan sayuran.

Jika memang hobi minum teh di pagi hari, ada baiknya Anda juga mengonsumsi makanan karbohidrat sebagai padanannya. Maksudnya agar semua nutrisi bisa tercukupi. Jadi, jika sarapan Anda hanya mengandung satu nutrisi, Anda bisa menambahnya dari makanan yang mengandung nutrisi lainnya.

Misalnya, jika Anda hanya menyantap sereal dan susu, Anda bisa melengkapinya dengan makan buah. Dan, akan lebih baik lagi bila sarapan Anda bervariasi. (umi)

Jadwal Lengkap dan Lokasi Contraflow, One way dan Ganjil Genap saat Arus Balik Lebaran 2024
Sejumlah pengendara melintas di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I yang belum beroperasi di Ciawi, Bogor, Jawa Barat

Tol Bocimi Dibuka Fungsional One Way untuk Arus Balik Lebaran, Simak Jadwalnya

Ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (tol Bocimi) diberlakukan fungsional untuk arus balik lebaran arah Jakarta pada Sabtu sore, 13 April 2024,

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024