"Video Mesum Asli, Bisa Jadi Barang Bukti"

Luna Maya&Ariel
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pengamat telematika Roy Suryo diminta Polri untuk menjadi salah satu dari dua saksi ahli kasus video porno mirip artis Ariel 'Peterpan', Luna Maya, dan Cut Tari. Roy memastikan, video ketiganya itu asli.

"Saya sudah bisa memastikan per hari ini. Videonya tidak diragukan lagi, asli," kata Roy Suryo saat dihubungi, Selasa 15 Juni 2010.

Keaslian yang dimaksud Roy Suryo dalam arti, bahwa video itu bukan rekayasa. Tidak adanya rekayasa dalam itu contohnya adalah tidak ada efek dubbing dalam ketiga video itu.

"Video ini menjadi pangkal dari pemeriksaan yang lain," kata pria bernama asli Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo ini.

Dengan begitu, menurut Roy, video ini memenuhi syarat seperti yang disebut dalam pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), bahwa ada rekaman elektronik atau alat bukti cetaknya.

"Jadi, video ini sudah bisa menjadi alat bukti yang sah. Kalau tidak dipastikan kesahihan video ini, tidak boleh ada orang yang hanya gara-gara mirip lalu diperiksa," ujarnya lagi.

Roy Suryo diminta Polri untuk menjadi saksi ahli khusus untuk menganalisa dari segi videografis. Sedangkan untuk pemeriksaan informatika, pelacakan Internet Protocol (IP) dan lain-lain itu akan dilakukan M Salahuddin.

Sebelumnya, Ariel dan Luna Maya sendiri sudah membantah kebenaran video itu adalah berisi mereka berdua. Kendati demikian, keduanya menyerahkan kepada kepolisian untuk mengusut tuntas kasus ini. Cut Tari juga membantah bahwa video itu adalah dirinya.

"Yang jelas kita tidak merasa dan kita tidak seperti apa yang orang tuduhkan," kata Luna Maya kemarin. (umi)

Deretan Artis Rayakan Idul Fitri di Tanah Suci Mekkah
Bangkai mobil Gran Max yang kecelakaan di Km 58 Tol Cikampek

Pesan Terakhir Korban Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 ke Ibunya: Mah Aa Mau Pulang

Kisah pilu datang dari ibu Muhammad Nazaki (Zaki) salah satu korban tewas dalam insiden kecelakaan di Tol Jakarta Cikampek KM 58, Karawang, Jawa Barat Senin, 8 April 2024

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024