Apa Boleh Ciuman Saat Puasa?

Nafsu Syahwat.
Sumber :
  • doc Corbis

Pertanyaan:

Saya ingin bertanya, apakah ciuman saat menjalankan ibadah puasa diperbolehkan atau tidak? Bukankah ciuman juga bisa membahagiakan orang pasangan kita.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Mutia - Jakarta

Jawaban:

Saudaraku Mutia yang dirahmati Allah, berciuman ketika puasa di siang hari bulan Ramadan sama hukumnya dengan berkumur-kumur di siang hari bulan ramadhan.

Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!

Bila ciuman tersebut tidak akan memberi reaksi apa-apa terhadap syahwatnya maka hukumnya boleh, sebagaimana dalam Hadits Riwayat Muslim bahwa Rasulullah salallahu alaihi wasallam telah mencium istri Beliau di siang hari Ramadan.

Tetapi bila ciumannya akan memancing syahwat salah seorang di antara mereka berdua yang mengakibatkan keluarnya cairan berupa mazi atau mani maka hukumnya makruh (sebaiknya tinggalkan) sebagaimana larangan Rasulullah terhadap pertanyaan anak muda yang telah mencium istrinya ketika puasa, dan alasan kebolehan mencium bagi seorang tua yang datang bertanya tentang pertanyaan yang sama.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Diasuh oleh Dompet Dhuafa

[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024