Kontrol Porsi Makan, Yuk!

Mitos Diet
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Anda bukan hanya harus berhati-hati dengan apa yang dimakan, namun juga porsi makan harian. Bisa jadi, kenaikan berat badan diakibatkan porsi makan Anda yang tak terkontrol.

Keseimbangan memang jadi kunci untuk mendapatkan berat badan ideal. Artinya, jumlah makanan yang Anda konsumsi harus seimbang dengan aktivitas fisik yang dilakukan. Jadi, saat porsi makan Anda cukup besar dan tak diimbangi dengan olahraga, yang terjadi adalah kegemukan dan obesitas.

Mulai sekarang, kontrol saja porsi makan Anda. Dengan cara ini, tubuh bisa tetap langsing walau tak menjalani diet ketat. Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah mengetahui kebutuhan nutrisi harian. Berikut panduan nutrisi harian untuk orang dewasa, menurut United States Department of Agriculture (USDA), dilansir dari fitsugar.com

- Buah : 1,5 hingga 2 gelas
- Sayur : 2,5 hingga 3 gelas
- Biji-bijian (termasuk nasi) : 5 hingga 8 ons
- Produk susu : 3 gelas
- Protein (daging, telur, kacang-kacangan) : 5 hingga 6,5 ons dan hidangan laut 8 ons tiap minggu
- Minyak : tidak lebih dari 5 hingga 7 sendok teh

Gunakan piring kecil

Setelah mengetahui kebutuhan harian, Anda bisa mulai mengontrol porsi makan dengan menggunakan piring yang ukurannya lebih kecil dari biasa. Para ilmuwan menegaskan bahwa otak

membutuhkan isyarat visual ketika Anda akan makan. Dengan membiasakan menggunakan piring kecil, Anda bisa 'menipu' otak terkait kepuasan saat makan. Jadi, segera ganti piring Anda dengan ukuran yang lebih kecil.

Ukuran tangan

Ingin mengetahui ukuran yang tepat? Tak perlu mengukur bahan makanan menggunakan timbangan digital. Cukup gunakan saja tangan Anda. Berikut ukurannya.
- Dua jari = satu porsi keju
- Telapak tangan terbuka = satu porsi daging
- Kepalan tertutup = satu porsi buah atau sayuran
- Tangan menangkup = satu porsi sereal atau biji-bijian
- Ujung ibu jari = satu porsi margarin, minyak, atau saus salad

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya
Kantor Desa Barabali di Lombok disegel warga buntut dugaan korupsi beras Bansos (Satria)

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

Kantor Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, disegel oleh ratusan warga buntut kasus dugaan korupsi beras miskin dari pemerintah pusat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024