Tiga Sumber Penghasil Omega-3

Kapsul Minyak Ikan
Sumber :
  • healthjockey.com

VIVAlife - Nama lemak omega-3 mungkin sudah tak asing lagi, bahkan namanya pun cukup populer di dunia kesehatan. Tak hanya baik untuk otak, tetapi lemak tak jenuhnya juga dapat menekan kolesterol dalam darah. Jadi, jangan heran jika minyak ini banyak diburu dan dikonsumsi oleh para pecinta kesehatan.

Namun sebenarnya, khasiat omega-3 tak hanya itu. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center, omega-3 memiliki beberapa manfaat, seperti:

1. Meningkatkan kesehatan arteri dengan membantu pengurangan plak dan pembekuan darah di arteri ke otak.

2. Mengurangi nyeri sendi dan kekakuan yang diakibatkan oleh  arthritis dan osteoarthritis.

3. Meningkatkan kesehatan mental.

4. Menjaga kesehatan tulang dan mengurangi pengeroposan.

5. Mengobati dan mencegah peradangan kulit, terutama saat berjerawat.

6. Cocok dinikmati saat PMS, karena dapat mengurangi rasa kram perut.

7. Membantu mencegah kanker usus besar, payudara dan prostat.


Sumber omega-3

ALA

Dapat ditemukan pada makanan yanng berasal dari tumbuhan. Sumber terkaya ALA terdapat pada biji rami, tetapi juga dapat ditemukan dalam biji kapas, minyak canola, kedelai, biji labu dan kenari. Setelah dicerna, ALA akan diubah tubuh menjadi EPA dan DHA.

EPA

Lemak ini dapat diperoleh dari makananan yang sama dengan DHA, seperti ikan air dingin dan suplemen ganggang vegetarian. Tetapi untuk mengkonsumsinya, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena banyak suplemen ikan yang mengandung merkuri.

Telur


Telur juga menjadi sumber omega-3 yang baik. Menurut Dewan Flax, omega-3 pada telur menyediakan hampir setengah dari tingkat harian ALA dan seperempat tingkat harian EPA dan DHA yang ada pada tiga ons ikan.

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar Akibat Fluktuasi Rupiah hingga Kondisi Geopolitik Global

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 35 poin atau 0,49 Persen di level 7.131 pada pembukaan perdagangan Jumat pagi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024