Mainan Lego Dikecam Umat Muslim di Turki

Masjid Lego
Sumber :
  • Daily Mail.

VIVAlife - Komunitas Turki menuduh produsen mainan anak Lego telah berlaku rasis, gara-gara merilis edisi Star Wars yang bentuknya seperti bangunan masjid.

Para pemrotes menyatakan istana model Jabba, yang ada dalam Lego edisi Star Wars, menyinggung perasaan umat muslim di dunia. Pasalnya, bangunan tersebut menyerupai Masjid Hagia Sophia di Istambul, yang merupakan salah satu masjid paling terkenal di dunia Islam.

"Sangatlah jelas tokoh Jabba dan semua bangunan dalam set permainan itu menunjukkan tindakan rasisme dan menganggap bahwa orang Asia merupakan penipu dan pelaku kriminal," demikian pernyataan komunitas muslim Turki, seperti dilansir Daily Mail.

Tak hanya itu, sebuah pernyataan lain yang dunggah ke Internet oleh salah satu organisasi Islam juga mempersoalkan tokoh Jabba the Hutt, si penghuni istana. Mereka marah karena tokoh tersebut digambarkan suka menghisap dan membunuh para korbanya.

Menurut mereka, ini seperti sindiran vulgar terhadap orang Asia dan Oriental sebagai orang-orang dengan kepribadian kriminal dan seperti teroris. Kelompok ini menuntut Lego meminta maaf secara terbuka atas apa yang mereka sebut sebagai "ketidakpekaan kultur".

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Dr. Melisan Gunes, Sekretaris Jenderal Masyarakat Kebudayaan Turki, mengatakan dia telah menghubungi manajemen Lego soal munculnya protes ini. (kd)

Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013