Lotus Birth, Persalinan Alami yang Kian Populer

Periksa Ibu hamil
Sumber :
  • 88db.com
VIVAlife -
Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun
Persalinan secara alami semakin banyak dipilih para calon ibu untuk melahirkan buah hatinya. Salah satu persalinan alami yang mulai banyak dilirik adalah
lotus birth
BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing
.
Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Umumnya, usai persalinan, tali pusar bayi langsung dipotong. Namun, metode
lotus birth
akan membiarkan plasenta menempel pada bayi hingga mengering dan terlepas sendiri.


Menurut beberapa ahli, tak memotong tali pusar adalah metode kelahiran alami terbaik bagi bayi. Menurut bidan ternama asal Texas, AS, yang juga pendukung gerakan
lotus birth
, Mary Ceallaigh, butuh waktu tiga hingga 10 hari hingga tali pusar terlepas sendiri.


Kepada
Foxnews,
Ceallaigh menyatakan, membiarkan tali pusar bayi putus sendiri akan menguatkan ikatan emosional antara ibu dan anak. Selain itu, plasenta merupakan sumber darah bagi bayi yang kaya zat besi, oksigen, dan sejumlah enzim yang dibutuhkan tubuh bayi.


Studi pada 2010 menemukan, menunggu beberapa menit hingga plasenta tak lagi berdenyut sebelum memotongnya, memungkinkan sel induk masuk ke tubuh bayi.


Ceallaigh menambahkan, sebenarnya, dengan perawatan yang benar, plasenta takkan menimbulkan aroma menyengat. Memberi garam dan beberapa rempah serta menggunakan kain penutup kering pada plasenta tidak akan menimbulkan aroma menusuk. Ibu tetap bisa menggendong bayi sambil membawa plasenta.


"Kelahiran dengan metode lotus aman, karena tidak ada luka akibat memotong tali pusar. Sekitar lima persen pasien yang saya tangani memilih persalinan lotus," ungkapnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya