FOTO: Intip Vila Kuno Pendiri Korea Utara di Korsel

Vila Kim Il Sung
Sumber :
  • REUTERS/Lee Jae-Won

VIVAlife - Di tengah ancaman perang terbuka antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel), sejumlah turis tampak mengunjungi vila peninggalan pendiri Korut Kim Il-Sung. Uniknya, vila tersebut tidak berlokasi di Korut, melainkan di pantai timur Goseong, Korsel, atau berjarak sekitar 330 kilometer dari timur laut Seoul.

Vila dengan pemandangan laut dan danau tersebut dahulunya berada dalam wilayah kekuasan Korut. Namun, setelah perang Korea berakhir pada 1953, peta perbatasan digambar ulang dan vila akhirnya ditetapkan dalam wilayah Korsel.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Semasa hidup, Kim Il-Sung menghabiskan waktu di vila tersebut antara tahun 1948 dan pecahnya Perang Korea dua tahun kemudian. Kini, vila yang berjarak 11 kilometer dari perbatasan Korsel-Korut itu menarik sejumlah turis.

Para pengunjung bisa melihat beberapa benda bersejarah di dalam vila dan menikmati pemandangan pantai dari balik jendela.

Turis juga bisa melihat foto anak laki-laki Kim Il-Sung, yakni Kim Jong- Il yang diambil pada tahun 1948 lalu. Foto tersebut memperlihatkan Kim Jong-Il saat masih berusia enam tahun tengah duduk di tangga. (umi)

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024