Kemandirian Bagus Bagi Anak Penderita Kanker

VIVAnews - Kemandirian anak penderita kanker bisa menimbulkan semangat dan mengurangi ketergantungan kepada orangtua. Bahkan setelah sembuh, survivor (anak yang terbebas dari penyakit kanker) lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
 
Ketua Panitia Peringatan Hari Kanker Anak Internasional 2009 Zanty Kurnia mengatakan perawatan kanker pada anak umumnya menghabiskan waktu dua hingga lima tahun.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

"Selama pengobatan, biasanya orangtua overprotektif akhirnya timbul ketergantungan penderita terhadap orangtua," ujarnya di sela-sela peringatan Hari Onkologi Anak di Rumah sakit Kanker Dharmais Jakarta, Minggu 15 maret 2009.
 
Dia menambahkan, cara memupuk kemandirian anak penderita kanker sebetulnya dapat dilakukan tanpa bantuan orangtua melalui aktivitas sederhana dan mudah.

Seperti, kata dia, kegiatan meningkatkan kreativitas dan kemandirian bisa memberikan efek positif bagi kemandirian dan percaya diri mereka. "Nantinya, akan berpengaruh pada kemampuan anak melalui penyakit tersebut dan setelah sembuh," tutur Zanty.
 
Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), Zanty mengatakan memiliki berbagai kegiatan bersama para penderita dan survivor.

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Sementara itu, pada peringatan Hari Kanker Anak Internasional 2009 di RS Kanker Dharmais Jakarta, lebih dari 100 anak penderita kanker dan anak yang terbebas dari kanker menggambar pada kain berbentuk kupu-kupu.

Ternyata, aksi mereka berhasil memecahkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri), serta Walk a Thon yang hasilnya akan disumbangkan membantu pengobatan kanker pada anak.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten didukung DPRD Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar acara buka bersama di Park Serpong pada Rabu, 27 Maret 2024

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah

Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten didukung DPRD Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar acara buka bersama di Park Serpong.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024