VIDEO: Negeri Eksotik, Ditumbuhi Kuil Emas

Bagan, Myanmar
Sumber :
  • portadoscuatro.blogspot.com
VIVAlife - Terletak di tepi sungai Ayeyarwady, di Mandalay, Burma, terdapat satu kota kuno yang patut Anda kunjungi saat berlibur ke Myanmar. Kota bernama Bagan ini merupakan peninggalan kekaisaran Pagan yang berdiri pada abad 9 sampai 13.
Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Lebih dari 250 tahun, kota ini menjadi pusat peradaban Burma. Menjadi pusat politik, perekonomian, dan budaya. Kota kuno ini pun sempat menjadi pusat studi keagamaan pada masa Raja Anawratha. Banyak pemuka agama dari seluruh penjuru datang ke tempat ini untuk mendalami agama.
Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Saat itu, lebih dari 10 ribu kuil dan pagoda rumbuh subur. Bangunan-bangunan kokoh ini memiliki arsitektur khas dengan warna merah keemasan. Tampak jauh, kota ini seperti bertabur bongkahan emas murni.
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Namun, setelah mendapat serangan dari bangsa Mongol tahun 1287, kota ini menjadi mati. Populasi berkurang drastis. Demikian juga dengan kuil-kuilnya yang ikut runtuh. Hanya tersisa sekitar 2.200 yang masih berdiri apik. 

Meski demikian, kota kuno ini tetap menyisakan peradaban dan pemandangan eksotik. Bagi para pelancong yang ingin melihat lebih detail, Anda bisa menaiki balon udara untuk berkeliling. Atau menumpang pedati dan kereta kuda.  


Untuk merencanakan bulan madu, klik gonla.com. Dapatkan tiket penerbangan dan penginapan murah. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya