MUI: Eyang Subur Menyimpang dari Akidah

Eyang Subur Laporkan Adi Bing Slamet ke Bareskrim Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAlife - Tim Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya mengumumkan hasil investigasinya soal penelusuran ajaran yang disebarkan Eyang Subur sejak 8-20 April 2013.

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Ketua MUI, Ma'ruf Amin, di kantornya, Jakarta, Senin, 22 April 2013, menyebutkan bahwa pihaknya menyimpulkan bahwa Subur telah melakukan penyimpangan akidah dan syariat Islam. Kesimpulan itu didapat, setelah timnya menemukan dua poin penting dari proses investigasi yang dilakukan.

"Pertama, ditemukan praktik keagamaan yang bertentangan dari pokok-pokok syariat oleh Saudara Subur dengan menikahi wanita lebih dari empat orang dalam waktu yang bersamaan," kata Ma'ruf saat ditemui.

Ma'ruf menambahkan, hal itu sudah dibuktikan dengan pengakuan Subur sendiri, serta kesaksian dari sejumlah orang yang terpercaya. "Kedua, ditemukan adanya praktik perdukunan dan peramalan oleh Saudara Subur," ujarnya.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Itu pun, kata dia, sudah terbukti, dengan adanya kesaksian sejumlah orang yang jumlahnya cukup banyak dan tidak mungkin untuk berbohong.

Ma'ruf melanjutkan, Subur disebut menyimpang, karena sudah menyalahi fatwa MUI No 2/ Munas VII/ MUI/ 2005 tentang Perdukunan dan Peramalan. Ia pun sudah mengaku bahwa dirinya menggunakan air garam dan kopi pahit untuk wadah penyembuhan pasiennya.

Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Menurut Ketua Tim Investigasi MUI, Umar Shihab, hal itu sudah bisa dikategorikan sebagai praktik perdukunan. "Dia juga tidak tahu bagaimana cara salat yang benar. Dia harus tobat. Kalau dia minta, kami akan bimbing," ujarnya.

Namun, Umar menuturkan bahwa tindakan Subur belum bisa dikatakan 'sesat'. "Dia hanya seorang yang berbuat dosa dan diminta untuk tobat. Kalau tobat, Insya Allah akan diterima," katanya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Adi Bing Slamet mengungkap di media kalau dirinya dijebak pengaruh mistis Eyang Subur. Ia juga mengatakan kalau Eyang Subur merupakan penganut aliran sesat.

Menanggapi hal tersebut, Eyang Subur akhirnya angkat bicara dan mengatakan kalau tuduhan Adi tidak benar. Lengkapnya, buka . (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya