Enam Tips Lebih Pintar Mengelola Waktu

Ilustrasi Manajemen Waktu
Sumber :
  • clickorlando.com

VIVAlife - Pekerjaan rumah tangga, tugas di kantor, dan mengantar anak ke sekolah membuat Anda terjebak dalam rutinitas sehari-hari. Akibatnya kesehatan dan kebutuhan untuk bersosialisasi kerap terabaikan.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Anda perlu mengelola waktu dengan efektif agar memiliki hidup yang lebih seimbang. Dengan menggunakan tips sederhana, Anda dapat mengelola waktu lebih baik dan membuat Anda merasa lebih santai serta fokus. Simak enam tips pintar mengelola waktu berikut ini seperti dilansir laman Femguide.

 - Catat waktu

Buatlah catatan harian. Tulis semua yang Anda lakukan dan berapa lama. Pastikan bahwa Anda telah menulis semuanya. Bahkan jika Anda menghabiskan waktu tiga jam di media sosial. Hal tersebut penting untuk memastikan bahwa hal-hal terkecil yang Anda lakukan juga tercatat. Sebab, Anda tidak bisa mengelola waktu dengan efektif jika tidak tahu persis dimana waktu Anda dihabiskan.

- Buat prioritas

Setelah mengetahui apa saja yang Anda lakukan dan berapa lama waktu yang diperlukan, Anda dapat menentukan kegiatan apa yang paling penting dan menghilangkan hal-hal yang tidak perlu. Belajarlah untuk mengatakan tidak jika ada sesuatu yang mengganggu hal-hal yang paling penting.

- Gunakan teknologi

Ada banyak aplikasi kalender dan manajemen waktu yang tersedia secara online. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat daftar dan memprioritaskan hal yang paling penting. Ponsel dan komputer memiliki alarm yang dapat membantu Anda mengatur jadwal penting.

- Multitask

Beberapa hal bisa dilakukan dengan multi-tasking. Misalnya, Anda dapat membayar tagihan lewat online sambil menonton televisi. Tentukan sesuatu yang bisa dilakukan bersamaan dan yang tidak. Tetapi, berhati-hatilah dalam membuat pilihan multi-tasking karena Anda justru akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih banyak.

- Sadar dengan kemampuan diri

Jangan terfokus untuk menjadi perfeksionis. Berhentilah bersikap rewel kepada semua hal dan cobalah bersikap realistis dalam mencapai tujuan Anda. Jika Anda perlu menyelesaikan sesuatu, pastikan Anda tidak terganggu apapun. Anda bisa mendengarkan musik agar lebih fokus.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

- Rawat diri dengan baik

Tetap jaga pola makan Anda. Olahraga dan tidur yang cukup. Merawat diri dengan baik membantu Anda tetap fokus, lebih waspada, dan memiliki memori yang lebih baik. Jangan hanya fisik yang sehat, tetapi Anda juga harus sehat secara emosional dengan berlatih meditasi atau mengatur waktu untuk bersantai.

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Pengakuan Jay Izdes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

Dua pertandingan bersama Timnas Indonesia, sudah cukup bagi Jay Idzes mengetahui sosok ini bukan pemain sembarangan di Timnas Indonesia. Siapa dia?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024