3 Buah Terbaik Bagi Penderita Diabetes

Buah kiwi
Sumber :

VIVAlife - Buah pada dasarnya mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, khusus penderita diabetes dianjurkan untuk memilah-milah buah yang tepat.

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus

Hal ini disebabkan karena para penderita diabetes tetap harus membatasi konsumsi makanan manis. Lantas apa saja buah yang tepat dikonsumi para diabetisi?

"Makanlah buah yang tidak terlalu manis, serat tinggi, dan rendah indeks glikemiknya," ujar Spesialis Gizi Klinis, dr. Fiastuti Witjaksono saat ditemui dalam acara Cegah Obesitas dan Diabetes Pada Anak Dengan Konsumsi Buah di Kuningan Village, Jakarta Selatan.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Buah yang dimaksud, ujar Fiastuti, antara lain apel, pir, dan kiwi. Apel dan pir baik bagi penderita diabetes karena mengandung serat tinggi sehingga bisa menciptakan rasa kenyang lebih laman. Kondisi ini nantinya akan membuat penderita diabetes tidak mengonsumsi makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh.

Sementara kiwi baik bagi penderita diabetes karena merupakan salah satu buah yang mengandung serat larut paling tinggi. Buah kaya nutrisi tersebut dapat menjaga sekaligus mengendalikan kadar gula darah.

Fiastuti menambahkan, buah yang mengandung serat tinggi dipastikan kandungan glukosanya rendah, dan rasanya pun tak terlalu manis.

Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit metabolik yang disebabkan karena adanya gangguan insulin, yaitu ketidakmampuan memproduksi gula darah. Penyebabnya tak hanya genetik, tapi juga karena pola hidup tak sehat, seperti obesitas.

Berharap Dampak Positif dari Kedatangan Red Sparks
Militer Israel menunjukkan salah satu bangkai rudal balistik Iran

Stabilitas Sektor Jasa Keuangan RI Masih Terjaga, OJK Tetap Waspadai Konflik Iran-Israel

Rapat Dewan Komisioner Mingguan OJK pada 17 April 2024 menilai, stabilitas sektor jasa keuangan nasional terjaga, di tengah memanasnya konflik di antara Iran dan Israel.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024