FOTO: Desain Unik Rumah Mungil di Jepang (I)

Rumah Mungil di Jepang
Sumber :
  • designboom.com
VIVAlife
3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI
- Terbatasnya lahan dan mahalnya harga rumah mendorong sejumlah arsitek di Jepang mendesain rumah-rumah mungil. Rumah-rumah dengan desain unik ini tak dibangun ke samping, melainkan bertingkat ke atas.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Lihatlah rumah mungil dengan desain unik di Jepang ini.
Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh


1. Horinouchi

Rumah Mungil di Jepang

Bingung memanfaatkan lahan seluas 55 meter persegi? Anda bisa meniru desain rumah rancangan arsitek Jepang, Kota Mizuishi.


Rumah yang dinamakan Horinouchi tersebut hanya memiliki luas sekitar 27,9 meter persegi dan terletak di antara sungai dan jalan. Desain rumah ini pun terbilang unik di mana luas lantai dua lebih besar ketimbang lantai dasar.


Selain itu, jika umumnya ruang publik berada di lantai pertama, lain halnya dengan rumah ini. Seperti dilansir laman
Designboom
, sang arsitek meletakkan kamar tidur di lantai dasar, sementara ruang publik dan dapur berada di lantai dua.


2. Showa-cho


Rumah Mungil di Jepang


Dengan luas 17.89 meter x 3,94 meter, rumah yang satu ini dirancang memanjang ke belakang. Agar ruang tak terlihat sempit, sang arsitek, Shintaro Fujiwara, menggunakan konstruksi melintang dan teknik
skip floor
.


Seperti dilansir laman
Dezeen
, rumah yang terletak di Osaka ini, memiliki empat lapisan konstruksi dari
basement
hingga lantai tiga. Setiap lantainya terhubung oleh tangga. Untuk menciptakan kesan luas, sang arsitek menggunakan kaca sebagai partisi.


3. Nada House


Rumah Mungil di Jepang


Seperti halnya Showa-cho, rumah yang berlokasi di Prefektur Hyogo ini juga dibangun memanjang ke belakang dan bertingkat ke atas. Bedanya, rumah yang dinamakan Nada House tersebut lebih didominasi dengan material kayu.


Rumah rancangan arsitek Fujiwaramuro ini memiliki luas hanya 37 meter persegi. Alhasil, setiap meter lahan dimanfaatkan semaksimal mungkin.


Lantai dasar misalnya, digunakan sebagai garasi dan ruang penyimpanan. Sementara lantai dua berfungsi sebagai ruang keluarga, dapur, sekaligus ruang makan. Adapun ruang tidur diletakkan di lantai tiga.


4. Near House


Rumah Mungil di Jepang


Rumah yang satu ini pada dasarnya terdiri dari dua bangunan yang terpisah oleh taman kecil. Konsep unik ini tak lepas dari lahannya yang berbentuk L.


Bangunan pertama berfungsi sebagai pintu masuk dengan rak buku yang menutupi seluruh dinding ruangan. Bangunan ini terdiri dari dua lantai yang terhubung oleh tangga.


Sementara itu bangunan kedua memiliki ukuran lebih besar di mana kamar tidur dan kamar mandi di lantai dasar. Rumah yang dirancang oleh Mount Fuji Architects Studio ini dilengkapi dengan dapur dan ruang keluarga di lantai dua.


Lihat foto-foto selengkapnya di


Bersambung...
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya