Tiga Penyebab Tubuh Cepat Melar

timbangan badan
Sumber :
VIVAlife - Banyak remaja dan orang dewasa berusaha menerapkan pola makan rendah lemak untuk tetap langsing dan sehat. Tapi ternyata, makanan rendah lemak tak menjamin Anda langsing.
Airlangga Sebut Belum Ada Pembicaraan soal Jokowi Bakal Pimpin Koalisi Besar

Menurut Pakar Gizi dari Institut Pertanian Bogor Prof Ali Khomsan, pada dasarnya ketika membicarakan kegemukan atau obesitas, lemak bukan satu-satunya persoalan. Sebab, kegemukan juga bisa karena kalori yang bersumber pada karbohidrat dan protein.
Erick Thohir Kena 'Sentil' DPR Gegara Sering Rombak Direksi-Komisaris BUMN di Tahun Politik

"Gaya hidup masyarakat sekarang, membuat mereka akhirnya memiliki banyak pilihan makanan. Hal itu yang sering tidak terkontrol," ujar Prof Ali pada VIVAlife.
5 Hadis Rasulullah SAW yang Jelaskan Kondisi Umat Islam di Akhir Zaman

Berikut sumber kalori penyebab kegemukan seperti diungkap Prof Ali Khomsan.

Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, kentang, gandum, dan roti merupakan sumber energi cadangan. Otot-otot tubuh dapat menyimpan jenis karbohidrat yang disebut glikogen. Setiap gram glikogen yang disimpan setara dengan sekitar 3 gram air.

Tetapi jika diikuti dengan latihan fisik atau olahraga, kelebihan karbohidrat akan terbuang. Disaat yang sama, tubuh juga akan mengalirkan kelebihan cairan yang tersimpan. 

"Karbohidrat itu memberikan kontribusi dua kali lebih tinggi menyebabkan kegemukan dibandingkan lemak," ujar Prof Ali. 

Lemak

Pendapat bahwa lemak menyebabkan kegemukan, itu benar. Tapi bukan berarti tubuh lantas tidak membutuhkan lemak. Karena pada dasarnya tubuh tetap membutuhkan kandungan lemak sekitar 70 gram setiap harinya. 

"Intinya adalah seberapa besar porsi yang dikonsumsi. Jadi kita tidak bisa hanya menyalahkan salah satu makanan saja," ujarnya. 

Protein

Saat menghindari makanan berlemak dan karbohidrat, seseorang cenderung mengonsumsi  protein sebagai pengganti. Namun menurut Prof Ali, protein juga dapat menyebabkan kegemukan.

Telur misalnya, mengandung protein  tinggi yang juga dapat menyebabkan gemuk jika dikonsumsi secara berlebih. Begitupun dengan kacang dan susu. 

"Misalnya, daging sapi itu kan kandungan proteinnya tinggi. Orangt-orang akan memanggangnya untuk menghindari minyak. Namun sebenarnya jika dikonsumsi terlalu sering pun juga bisa sebabkan gemuk," ujarnya. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya