Ini 10 Tanda Anda Orang Jenius

ilustrasi orang sukses
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pernahkah Anda menilai seberapa cerdas diri Anda? Ternyata, selama ini para peneliti telah menghabiskan puluhan tahun untuk mendiskusikan hal apa yang menentukan kepintaran seseorang, mulai dari genetik hingga pola asuh yang membentuk pemikiran seseorang.

Kabar Mengejutkan dari Wanita yang Punya Anak di Usia 30

Inc Magazine membuat rangkuman 10 karakter sederhana yang bisa menjadi pertanda bahwa Anda adalah seorang jenius. Berikut daftarnya seperti dilansir laman The Sun.

1.  Anak tertua

11 Ciri Anak Jenius, Untuk Usia 1 - 5 Tahun

Sepertinya, mereka yang lahir lebih dulu cenderung lebih maju karena mereka mendapat perhatian penuh dari orangtua di beberapa bulan awal usianya. Dan, ketika bayi nomor dua lahir, anak tertua akan menempati posisi sebagai ‘pengajar’ adik mereka. Sebuah studi pada 250 ribu warga Norwegia usia 18 dan 19 tahun menemukan bahwa anak pertama memiliki IQ rata-rata 2,3 poin lebih tinggi dari adik-adik mereka.

2.  Kurus

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Menurut sebuah studi di Prancis, mereka yang memiliki indeks massa tubuh 20 atau kurang memiliki ingatan yang lebih baik dibanding mereka yang memiliki indeks massa tubuh 30 atau lebih. Partisipan yang lebih kurus dapat mengingat 56 persen kata dalam sebuah tes kosa kata, sementara yang tubuhnya lebih besar hanya dapat mengingat 44 persen.

3.  Kidal

Menurut para peneliti di University of Athens, orang-orang kidal cenderung memiliki ingatan, fleksibilitas mental, dan kemampuan spasial yang lebih baik. Mereka juga merupakan para ‘pemikir berbeda’,  tipe kreativitas spesial yang membuat mereka bisa memiliki ide baru dalam sekejap.

4.  Lucu

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1970an menemukan, para komedian selalu mendapatkan skor lebih tinggi dalam setiap tes IQ dibandingkan populasi rata-rata. Komedian pria memiliki skor rata-rata 138, wanita 126, dan populasi umum memiliki rata-rata skor antara 90 hingga 110. Selera humor yang baik juga dikatakan berkaitan dengan tingkat kreativitas, kemampuan berbicara yang lebih baik, dan terlihat lebih menarik.

5.  Tinggi

Para peneliti di Univesitas Princeton berpendapat, orang-orang tinggi adalah orang-orang yang lebih cerdas sehingga mereka bisa memiliki penghasilan yang lebih tinggi.

6.  Suka begadang

Penelitian yang dilakukan di University of Madrid menemukan bahwa orang yang kuat begadang memiliki IQ lebih tinggi dan memiliki penghasilan lebih baik dibandingkan mereka yang suka bangun pagi.

7. Pemalu

Menurut The Gifted Development Center, 60 persen dari anak-anak pintar adalah anak introvert. Dan, lebih dari 75 persen orang yang memiliki IQ 160 atau lebih juga orang pemalu.

8.  Diberi ASI (Air Susu Ibu)

Para ilmuwan di Brasil mengikuti perkembangan 6.000 orang dari lahir hingga usia 30 dan menemukan anak yang diberi ASI lebih cerdas, sukses, dan berpenghasilan tinggi.

9.  Selalu ingin tahu

Harvard Business Review menemukan bahwa orang yang selalu ingin tahu memiliki ide orisinal lebih banyak dan menyerap banyak pengetahuan seiring waktu.

10. Tidak percaya Tuhan

Orang liberal dan atheis, menurut para psikolog evolusioner Satoshi Kanazawa, memiliki sikap elite tinggi yang dikaitkan dengan IQ tinggi.

Memang tidak mungkin bagi seseorang memiliki semua karakter tersebut. Jadi, jangan merasa rendah diri jika Anda bukan sosok tinggi, kurus, kidal, pemalu dan tidak percaya Tuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya