6 Manfaat Minuman Soda untuk Bersihkan Peralatan Rumah

Ilustrasi membersihkan kamar mandi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Cara Kreatif Bersihkan Rumah
- Bukan rahasia lagi bahwa soda adalah salah satu jenis minuman paling berbahaya. Minuman soda memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya mengganggu metabolisme tubuh. Hal ini terlihat dari kadar keasaman dalam tubuh setelah mengonsumsi soda sama dengan kadar asam baterai. 

Minuman Bersoda Ternyata Bisa Buat Depresi
Sering mengonsumsi soda juga menyebabkan tubuh kekurangan banyak mineral penting seperti magnesium, kalsium dan vitamin.

9 Trik Cerdas Membuat Rumah Terasa Lebih Nyaman
Studi juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minuman soda mulai tergantung atau mengalami kecanduan karena kandungan kafein yang tinggi di dalam minuman tersebut.

Tak berhenti di situ, karbonasi soda juga mampu merusak tulang dengan menyebabkan hilangnya kalsium karena kadar asamnya. Belum lagi kandungan gula yang tinggi dalam soda.

Untuk itu, mulai saat ini berhentilah mengonsumsi minuman soda. Daripada mengonsumsinya, Anda bisa memanfaatkan soda sebagai pembersih berbagai benda dan peralatan rumah tangga.

Tak percaya? Simak beberapa manfaat soda untuk membersihkan peralatan rumah tangga seperti yang dilansir dari Boldsky berikut ini:

Membersihkan aki mobil

Soda dapat membantu menghilangkan korosi dari aki mobil Anda. Tuangkan beberapa minuman soda pada aki mobil dan lihat seberapa ampuhnya.

Mengendurkan baut tua

Lelah mencoba melonggarkan baut berkarat? Tuangkan minuman soda di atasnya dan bersihkan dengan kain bersih. Karat pun akan hilang dengan cepat.

Menghilangkan karat

Soda dapat menghilangkan karat pada peralatan rumah tangga apapun. Gunakan kain atau spons dan celupkan ke dalam soda untuk membersihkan karat.

Mengawetkan bunga

Bunga segar yang Anda beli untuk memercantik hunian bisa Anda awetkan agar tahan lebih lama dengan menggunakan soda. Campurkan soda dengan sedikit air dan percikkan di atas bunga. Gula dalam soda akan membuat bunga bertahan lebih lama.

Membersihkan toilet

Bersihkan toilet Anda untuk menghilangkan kotoran dan bau dengan menuangkan sebotol soda ke dalam wc dan bersihkan dengan sikat pembersih. Anda perlu mendiamkan soda kira-kira selama satu jam sebelum menggosok dan menyiram wc.

Melancarkan saluran air

Saluran air wc atau wastafel yang tersumbat karena kotoran yang menumpuk dapat dengan mudah ditangani dengan soda. Tuangkan sekaleng soda dan diamkan sementara waktu sebelum disiram dengan air bersih. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya