Diluncurkan Milkshake Lezat dari Jangkrik

Ilustrasi milkshake
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Yuk, Kulineran Sambil Nonton Layar Tancap di Pasar Senggol
- Siapa sangka serangga bisa dijadikan bahan pembuat minuman lezat?

Foodigitalpreneur, Cara Zomato Ajak Pebisnis FnB Melek Tren Digital
Ya, sebuah restoran cepat saji di AS meluncurkan minuman unik bercita rasa cokelat yang dibuat dari bubuk jangkrik.

Akhir Pekan, Waktunya Icip-icip 5 Kuliner Yummy di Jakarta
Dilansir dari Food Beast, restoran bernama Wayback Burgers di AS lah menggunakan jangkrik yang telah dihaluskan untuk membuat minuman milkshake yang kini tengah digilai di Negeri Paman Sam itu. 

Banyak orang yang menyebutnya sebagai minuman protein karena kandungan protein yang tinggi dalam jangkrik.

Restoran itu pun selalu dibanjiri pengunjung yang ingin menikmati minuman tersebut setiap harinya. 

Sebelum mendapatkan resep terbaik, pihak restoran telah melakukan percobaan hingga menghasilkan 30 versi minuman jangkring yang berbeda.

Sebagai informasi, di Amerika sendiri industri serangga yang dapat dikonsumsi kian berkembang sejak Food and Agriculture Organization PBB mempublikasikan laporan tahun 2013 lalu yang mengatakan, serangga adalah sumber makanan berkepanjangan di masa depan.

Tak seperti masyarakat negara-negara di Asia yang langsung mengonsumsi serangga dalam bentuk utuh, di AS serangga diolah terlebih dahulu menjadi tepung dan dijadikan bahan tambahan untuk membuat biskuit atau kue kering.

Di sana tepung serangga dihargai US$20 atau hampir Rp266 ribu per 20 ons. Harga yang cukup mahal karena dibutuhkan 4 ribu ekor serangga untuk membuat satu cangkir tepung.

Serangga disukai khalayak umum karena memiliki cita rasa gurih dan earthy yang mirip dengan kacang. Mereka juga sangat kaya akan protein. Seperempat cangkir tepung serangga menggandung sekitar 7 gram protein.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya