Dunia Maya Kecam Pria Dewasa Nikahi Anak 6 Tahun

Ilustrasi Pengantin Cilik
Sumber :
  • Alamy

VIVA.co.id - Dunia maya mengecam Ratan Lal Jat, 35, akibat foto pernikahannya yang tersebar luas di internet. Bagaimana tidak, Ratan, asal Desa Gangrar, Rajashtan, India Barat, itu terlihat bangga saat menikahi seorang anak perempuan di bawah umur, usianya baru menginjak enam tahun.

7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri

Pernikahan yang terjadi tanggal 23 Juni 2015 itu disahkan oleh lima orang saksi terpilih dan dilaksanakan di sebuah kuil di desa tersebut.

Jamuni Bai, mak comblang Desa Gangrar mengatakan pernikahan antara pria dewasa dan gadis cilik adalah hal yang wajar. Umummnya, orang tua sang anak perempuan akan menerima 'dana bantuan' dari sang pengantin pria sebagai biaya pengganti. 

7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

"Dana tersebut merupakan biaya pengganti kebutuhan orang tua sepeninggal anaknya setelah menikah," kata dia.

Selain itu, gadis kecil tersebut juga akan terus tinggal bersama kedua orangtuanya hingga usianya matang untuk meresmikan pernikahan secara fisik.

7 Kebiasaan Unik Orang Rusia yang Membuat Wisatawan Bingung

Namun rupanya tradisi Desa Gangrar tidak sejalan dengan hukum India, juga dunia. Oleh karena itu, polisi segera meringkus Ratan dan mendakwanya dengan pelanggaran Undang-Undang Pernikahan Dibawah Umur.

Inspektur Polisi Gyanendra Singh mengatakan pihaknya segera melakukan investigasi begitu foto pernikahan Ratan beredar di internet.

"Kami menemukan fakta bahwa Ratan menikahi gadis berusia 6 tahun mengikuti hukum adat, namun hal itu tidak lagi berlaku di India dan melanggar undang-undang," kata Gyanendra.

Sayangnya, hingga kini profesi mak comblang seperti Jamuni Bai masih banyak dilakoni di India dan sulit diberantas. Oleh karena itu, Gyanendra berjanji pihaknya akan terus berusaha keras menanggulangi kasus pernikahan ilegal yang masih marak terjadi di negaranya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya