Ingin Anak Anda Doyan Sayuran. Ini Triknya

Ilustrasi jus hijau atau sayuran
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Takut Kanker Prostat? Perbanyak Makan Sayur
- Sayur-sayuran adalah salah satu bahan makanan yang wajib kita konsumsi sehari-hari. Sayuran kaya akan berbagai nutrisi penting, yang mampu meningkatkan fungsi dan kesehatan organ tubuh. Sayuran juga sangat penting untuk pertumbuhan anak.

Ladang Pertanian Ini akan Dioperasikan Penuh oleh Robot

Sayangnya, banyak anak-anakĀ  susah mengonsumsi sayur. Mereka biasanya akan memuntahkan sayuran, dan bahkan tak mau menyentuh piring jika ada sayuran di dalamnya.
Enam Cara Tepat Cuci Buah dan Sayur


Nah, untuk menyiasati buah hati yang tak doyan mengonsumsi sayur-sayuran, simak beberapa ide dan kreasi makanan lezat yang patut Anda coba di rumah seperti yang dilansir dari
Boldsky
berikut ini.


1. Lumpia isi sayuran


Anda bisa menggunakan hampir semua jenis sayur-sayuran untuk membuat lumpia lezat. Anda juga bisa menambahkan sedikit daging dan jamur untuk menambah cita rasa. Cukup potong-potong sayuran dan rebus hingga empuk, lalu bungkus dengan kulit lumpia. Kemudian lumpia bisa langsung digoreng hingga berwarna coklat keemasan.


2. Pasta sehat


Anak-anak sangat gemar makan pasta, terutama yang dibuat dengan saus tomat, krim atau keju. Nah, Anda bisa menambahkan sayur-sayuran ke dalam hidangan favorit si kecil. Ganti pasta dengan pasta whole grain dan tambahkan berbagai jenis sayuran seperti wortel yang diparut tipis. Anak Anda bahkan tak akan menyadari bahwa ada banyak sayuran di dalam sepiring pasta kesukaannya.


3. Sayuran garing


Studi telah menunjukkan bahwa anak-anak suka menyantap sayuran dengan tekstur garing dan renyah. Untuk itu, Anda bisa menumisnya agak lama dengan minyak zaitun atau minyak canola yang lebih sehat dari minyak sayur biasa.


4. Cocolan lezat


Para peneliti telah mengungkapan bahwa menawarkan sayuran seperti brokoli dengan salad dressing membuat Anda mau menyantapnya. Untuk itu, mengapa tidak membuat saus cocolan lezat yang akan membuat anak lahap makan sayur? Gunakan berbagai jenis bahan mulai dari yogurt, keju, mayonais, krim masam dan sebagainya untuk membuat saus cocolan.


(mus)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya