Mencicip Warisan Kuliner Era Belanda di Cirebon

Nasi Jamblang khas Cirebon
Sumber :
  • Dok. Istimewa
VIVA.co.id -
Lima Kuliner Indonesia yang Dibenci Orang Luar Negeri
Jika Anda berkunjung ke Cirebon, jangan lupa mencicipi kuliner khasnya. Selain terkenal dengan udang rebonnya, Cirebon juga terkenal dengan makanan khasnya, salah satunya adalah Nasi Jamblang.

Tiga Hari Wisata Kuliner Keliling Nusantara

Salah satu tempat yang kerap jadi destinasi adalah warung Nasi Jamblang Mang Dul yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No. 58, Kota Cirebon.
Kreasi Kuliner Paduan Eropa dan Madiun, Sandwich Pecel


"Pertama kali jualan tahun 1960, berada di lapangan bola terus pindah di sebelah dekat mal. Dan akhirnya pindah ke sini sejak tahun 1995," ucap Suyanto salah satu karyawan yang sudah bekerja selama 20 tahun di warung tersebut, kepada
VIVA.co.id
, belum lama ini.


Nasi Jamblang merupakan makanan khas Cirebon yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Nasi Jamblang merupakan nasi yang dibungkus dari daun jati. Karena dibungkus dengan balutan daun jati membuat nasi tersebut beraroma sedap.


"Nasi Jamblang ini dimakan dulu waktu zaman kerja paksa, Karena, dulu juga
nggak
ada piring. Kalau dulu kan kenapa pakai daun jati, biar
nggak
bocor dan aroma nasi juga bisa harum," katanya.


Makanan berbungkus daun jati ini bisa disantap dengan berbagai aneka macam lauk pauk, seperti tahu bacem, perkedel jagung, satai usus, cumi, pepes udang, satai, kentang, rajungan, tahu isi, kerang, dan masih banyak yang lainnya.


Saat datang di warung Nasi Jamblang Mang Dul,
VIVA.co.id
berkesempatan mencicipi racikan khas masakan warung nasi yang selalu ramai tersebut. Rasa nasi putih dan bumbu masakannya membuat lidah bergoyang. Warung ini lebih ramai jika Anda berkunjung pada malam hari.


Tapi, jangan harap Anda bisa menemukan sayur di sini, sebagaimana bisa ditemukan di warung tradisional lainnya, seperti sayur asem, lalapan, sayur lodeh, atau oseng-oseng kangkung. Di sini yang ada hanya sayur tahu. Maka satu-satunya kuah adalah kuah tahu tersebut.


Destinasi selebriti


Tak hanya dikenal oleh masyarakat Cirebon, rupanya warung Mang Dul pernah dikunjungi kalangan artis dan pejabat. Suyanto mengatakan, artis seperti Julia Perez, Rido Rhoma, dan Elvi Sukaesih pernah makan di warung tersebut. Selain itu, warung Mang Dul jadi jujugan para pejabat seperti Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan, dan Dede Yusuf.


"Aher, Dede Yusuf juga sempat makan di sini. Banyak pejabat juga menteri-menteri juga suka makan di sini. Jenderal juga ada, kapolda juga pernah," ucap Suyanto.


Chairul, salah satu pelanggan warung nasi ini mengaku sering berkunjung menikmati aneka masakan di sini. Salah satu menu favoritnya adalah pepes udang.


"Sering berkunjung ke sini, selain sambalnya yang spesial, menu favorit saya ayam kampung, telur, rajungan tahu isi, kerang, pepes cumi, dan pepes udang,” kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya