Trik 'Berdamai' dengan Ibu Mertua

Ilustrasi mertua dan menantu
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips Cantik di Pernikahan Konsep Tradisional
- Pernikahan merupakan gerbang kehidupan baru bagi banyak orang. Studi menunjukkan bahwa sekitar 60 persen dari pernikahan mengalami ketegangan yang tidak diinginkan dan juga tekanan.

Lima Cara Penilaian jika Dia Layak Diajak Menikah
Tantangan terbesar dari kehidupan pernikahan adalah menangani berbagai komentar dan campur tangan dari ibu mertua.

Tidak Hanya Wanita, Pria juga Bisa Pilih Baju Pengantin
Anda dapat menangani situasi dengan langkah-langkah sederhana dan mengatasi perbedaan Anda dengan ibu mertua Anda. Salah satu cara terbaik dan mudah adalah dengan menunjukkan rasa hormat kepada ibu mertua Anda dan memiliki sikap yang positif.

Berikut trik untuk 'berdamai' dengan ibu mertua, dilansir dari Boldsky.

Sikap positif

Sama seperti peran Anda sebagai menantu, menjadi seorang ibu mertua adalah baru baginya. Sehingga biarkan ibu mertua Anda untuk menjalani peran itu. Tidak peduli apa yang akan Anda sampaikan kepadanya, selalu dekati dengan sikap positif. Ini tentunya akan membawa sikap positif dan hubungan di antara Anda berdua akan semakin baik.

Disamakan

Jangan lupakan hal ini. Ini adalah langkah pertama untuk membangun hubungan yang baik antara Anda dengan dia. Cobalah memperlakukan ibu mertua Anda sebaik Anda memperlakukan ibu Anda sendiri. Misalnya, jika Anda telah memiliki anak, kunjungi keduanya sama sering, ini akan membantu anak-anak Anda terhubung antara keduanya.

Kepekaan

Cobalah lebih memahami, bahwa ibu mertua Anda masih berusaha untuk menerima fakta bahwa anak lelakinya kini telah memiliki perempuan lain dalam hidupnya. Ketika orang lain menjadi pusat perhatian dan fokus dalam kehidupan anaknya, konflik pun muncul. Mereka akan lebih sensitif dalam segala hal. Cobalah untuk menangani situasi dengan cara yang dewasa dengan tidak berdebat.

Menghormati

Salah satu tips untuk menjadi menantu perempuan idamannya adalah dengan menghormati ibu mertua Anda. Selalu ingat bahwa mereka sudah tua dan bijaksana. Bicaralah padanya tentang pengalaman hidupnya dan siapa tahu dia akan akam semakin suka dengan Anda, dan mengarah ke ikatan yang kuat di antara kalian.

Saran

Ibu mertua Anda memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam hidup dan rumah tangga. Jangan ragu untuk meminta sarannya. Anda mungkin tidak setuju dengan beberapa hal yang mereka katakan dan memutuskan untuk tidak mengikuti sarannya. Ingat dia hanya berusaha untuk membantu Anda.

Penuh perhatian

Pastikan Anda mendengarkan apa kata ibu mertua Anda. Duduk dan mengobrol, dan mencoba untuk mengikuti apa yang dia inginkan dari Anda. Jika ia lebih memilih untuk duduk-duduk dan menuntut Anda melakukan seluruh pekerjaan, maka pastikan suami Anda untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan segera.

Membantunya

Yang satu ini tentu jangan pernah dilupakan. Ketika Anda tinggal bersamanya, Anda harus membantu ibu mertua Anda mengerjakan tugas sehari-hari dan pekerjaan rumah tangga lainnya. Hal ini akan membantu dalam membuat ikatan kuat dengan ibu mertua Anda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya