Tuna Beku Rentan Bakteri Berbahaya

Ilustrasi ikan salmon
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini Cara Cuci Tangan Paling Efektif Bunuh Bakteri
- Bagi Anda yang gemar menyantap sushi sebaiknya semakin berhati-hati memilih restoran sushi. Pasalnya, daging ikan mentah sangat rentan terhadap bakteri berbahaya.

Kesalahan Membersihkan Diri yang Bisa Pengaruhi Kesehatan
Bahkan, belum lama ini terungkap fakta mengejutkan terkait dengan bahan pembuat hidangan asal Negeri Sakura tersebut.

Enam Bakteri Paling Mematikan di 2015
Ya, dilansir dari Buzzfeed, daging tuna beku yang digunakan untuk membuat sushi dihubungkan dengan 62 kasus masalah kesehatan akibat bakteri Salmonella di 11 negara bagian Amerika Serikat, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Untungnya, di antara kasus-kasus tadi tak ada pasien yang meninggal dunia. Namun, sebanyak 11 orang telah dirawat di rumah sakit karena keracunan makanan. Kebanyakan dari mereka dilaporkan mengonsumsi daging tuna mentah dalam hidangan sushi setidaknya seminggu sebelum mengalami keracunan.

Sementara itu, sebanyak 34 kasus dilaporkan terjadi di California dan 11 lainnya Arizona. Kasus yang sama juga terjadi di Michigan, Minnesota, Mississippi, New Mexico, South Dakota, Virginia, Washington dan Wisconsin.

Akibat kejadian ini, Osamu Corporation, perusahaan pemasok daging ikan di AS mengumumkan telah menarik pasokan tuna yellowfish beku dari pabrik pengolahan mereka di Indonesia.

Penarikan itu meliputi potongan tuna yang dijual di bawah label AFC. Penarikan tersebut juga memengaruhi pasokan tuna mentah dalam segala bentuk yang biasa didistribusikan ke restoran-restoran di penjuru AS.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya