Rahasia Anti Pikun: Tidur

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Langkah Tentukan Prioritas agar Tujuan Tercapai
Tidur selama beberapa menit sebelum melakukan ujian, atau tes sepertinya patut Anda coba untuk mendapatkan nilai yang lebih baik. Sebab, tidur ternyata mampu membantu memperkuat daya ingat seseorang, menurut sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Delapan Makanan Sehat yang Dibutuhkan Wanita

Dilansir dari
Ini Bisa Terjadi Jika Remaja Kurang Tidur
The Guardian , studi yang telah dipublikasikan di jurnal
Cortex
itu menunjukkan bahwa saat Anda bangun tidur, Anda memiliki dua kali lipat kemungkinan mengingat sebuah informasi yang sebelumnya Anda lupakan.


Menurut para peneliti, tidur akan membuat memori dalam otak semakin tajam dan mudah diakses.


Dalam studi tersebut, para relawan diminta untuk mengingat kata-kata yang telah diberitahu kepada mereka sebelum tidur di malam hari, atau setelah 12 jam terjaga. Hasilnya, mereka yang tidur lebih mengingat kata-kata tersebut dengan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak tidur.


"Tidur melipatgandakan kemungkinan kita mengingat materi sebelumnya. Dorongan pasca-tidur dalam aksesibilitas memori menunjukkan kemungkinan beberapa memori diasah selama Anda tidur semalaman," ujar Dr Nicolas Dumay, psikolog dari University of Exeter.


Ia juga mengatakan bahwa temuannya tersebut mendukung gagasan bahwa saat tidur, otak manusia secara aktif memilah-milah informasi yang dianggap penting untuk tetap diingat.


Meski begitu, diperlukan studi lebih lanjut untuk menentukan fungsi otak dalam hal ini. Para peneliti juga akan terus berusaha untuk mengetahui apakah memori memungkinkan untuk diakses dalam jangkauan yang lebih luas dari konteks, sehingga membuat mereka lebih berguna.


Dumay juga percaya dorongan memori berasal dari
hippocampus
, bagian dari otak yang memainkan peran kunci dalam mengingat memori. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya