7 Fakta Unik Tentang Espresso

Ilustrasi kopi hitam
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Bahaya Kafein dalam Enam Cangkir Kopi
- Dewasa ini, bicara tentang kopi tak melulu soal kopi tubruk. Justru, kini,
coffee blended
Cerita Nino Fernandez Jadi Pecandu Kopi
yang paling dikenal masyarakat urban.
Terseret Kasus Mirna, Ini Kata Jessica ke Media

Bagi Anda yang belum tahu, berbagai jenis kopi blended dibuat menggunakan espresso sebagai dasarnya. Espresso sendiri, merupakan kopi asal Italia yang lebih kental dan terkonsentrasi, serta kadar kafeinnya lebih tinggi karena volumenya yang lebih kecil.

Cara membuatnya harus menggunakan mesin espresso, yakni dengan menekan bubuk kopi yang sudah digiling halus dengan air mendidih. Dari espresso, deretan menu kopi blended dapat diracik mulai dari latte caffè, cappuccino, macchiato caffè, cafe mocha, atau caffè Americano.


Nah, jika Anda penggemar kopi, ketahui tujuh hal tentang espresso termasuk varian kopi turunannya seperti yang dilansir dari
Times of India
berikut ini.


Dibuat dengan mesin khusus


Espresso hanya bisa dibuat menggunakan mesin khusus yang mampu memaksa sejumlah kecil air yang hampir mendidih dan uap ditekan ke bubuk kopi yang telah dipadatkan. Ini membuat espresso jauh lebih kental dari kopi yang diseduh dengan metode lain. Espresso juga memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dan memiliki busa lembut di bagian atasnya.


Kadar kafein tinggi


Seperti yang telah disinggung di atas, espresso mengandung kadar kafein yang lebih tinggi per satuan volume daripada kebanyakan minuman kopi lainnya. Tetapi, karena ukuran porsinya jauh lebih kecil, maka total kafeinnya pun menjadi lebih rendah.


Paling sempurna

Ristretto adalah nama minuman kopi yang jauh lebih kuat dibandingkan espresso. Itu karena satu shot ristretto merupakan 3/4 ons ekstraksi espresso pertama. Hal ini membuat banyak penggemar kopi menganggap ristretto adalah espresso yang paling sempurna.


Café latte


Salah satu minuman turunan espresso yang paling terkenal ialah café latte. Minuman ini dibuat dari satu shot espresso yang dicampur dengan 6-8 ons susu yang telah dipanaskan kemudian diberi foam atau busa di bagian atas.


Café Americano

Café Americano memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan kopi tubruk karena kadar airnya lebih banyak. Disebut café Americano karena masyarakat Amerika tidak kuat mengonsumsi espresso yang dianggap terlalu kuat. Minuman ini sebenarnya bentuk espresso yang jauh lebih encer. Cara membuatnya dengan satu ons atau satu shot espresso yang dicampur dengan 6-8 ons air panas.


Jenis Espresso

Di Italia, masyarakat lokal yang datang ke kedai kopi dapat memesan tiga jenis espresso yakni single shot yang terdiri dari satu ons espresso, double shot berarti dua shot espresso dan Lungo atau sering disebut long shot yang merupakan 1 1/2 ons espresso.


Capuccino

Minuman kopi dibuat dari espresso yang paling digemari di seluruh dunia adalah cappuccino. Nama minuman ini diambil dari nama biksu yaitu 'Capuchin' dan dibuat dengan satu shot espresso, susu panas dengan krim di bagian atas. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya