Enam Fakta Menarik tentang Kuliner India

Tikka masala
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Conte Haramkan Beberapa Makanan Masuk ke Tim Chelsea
- Kuliner India adalah salah satu jenis masakan Asia yang populer di dunia. Kuliner Negeri Bollywood itu identik dengan rasa yang otentik dan tradisional namun cukup berat karena kaya akan bahan-bahan berlemak seperti susu dan santan.

Pogba Bakal Jadi 'Ladang Emas' MU
Layaknya hidangan-hidangan Indonesia, kuliner India juga kaya akan rempah sehingga aromanya cukup kuat. Jika Anda adalah seorang foodie atau penggemar kuliner tentu wajib tahu mengenai beberapa fakta mengenai kuliner India seperti yang dilansir dari Boldsky berikut ini.

11 Pemain Paling Jangkung di La Liga Musim Ini
Enam rasa

India punya enam rasa yang ada di dalam kulinernya, antara lain manis, asam, asin, pedas, pahit dan sepat. Meski begitu, keenam cita rasa tadi tak dapat Anda temukan seluruhnya dalam satu hidangan.

Kaya rempah

Jika Anda pernah menyantap hidangan khas India, Anda pasti akan menyadari bahwa seluruh menu hidangan selalu kaya akan rempah. Bahkan, India adalah negara yang memiliki jenis rempah terbanyak di dunia. Tentu rempah-rempah itu tak hanya membuat masakan semakin lezat, namun juga memiliki sederet manfaat kesehatan.

Pemanis asli India

Sebelum bangsa Portugis membawa gula ke India, masyarakat lokal menggunakan madu dan buah-buahan untuk menciptakan rasa manis pada makanan.

Rahasia ayam tikka masala

Setiap restoran India pasti menyajikan menu ayam tikka masala. Hidangan ini bahkan telah lama menjadi salah satu hidangan India yang paling populer di dunia. Namun, hidangan tersebut sebenarnya bukan hidangan asli India, melainkan diciptakan di Glasgow, Skotlandia.

Tiga kategori penting

Hidangan India memiliki tiga kategori penting yang tak pernah dilewatkan oleh masyarakat lokal yaitu Saatvic (sayuran dan jus segar), Raajsic (makanan berminyak dan pedas) dan Taamsic (daging dan minuman beralkohol).

Bukan asli India

Tak hanya ayam tikka masala, beberapa hidangan khas India yang populer juga bukan hidangan India asli seperti samosa dan saffron.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya