Berapa Lama Daging Aman Dibekukan di Lemari Es?

Ilustrasi daging sapi Jepang, atau juga dikenal Wagyu.
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Mendag Kejutkan Pedagang Pasar di Tangerang
- Membekukan produk daging adalah cara terbaik untuk menjaganya agar tetap segar dan tahan lama melampaui tanggal kedaluwarsanya. Namun, berapa lama daging bisa tetap dibekukan dan aman dikonsumsi?

Jokowi Minta TNI-Polri Turut Tangani Lonjakan Harga Daging
Dilansir dari laman Woman's Day, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), semua makanan yang disimpan di dalam lemari es dengan suhu 0 derajat Fahrenheit atau sekitar -17 derajat celsius aman untuk dikonsumsi.

Ini Strategi Bulog Stabilkan Harga Daging Sapi
USDA mengatakan bahwa membekukan makanan mampu mencegah perkembangan mikroorganisme yang bisa menyebabkan makanan basi dan pemakannya keracunan.

Tetapi, satu yang menjadi catatan, yaitu makanan harus benar-benar membeku di suhu yang konsisten untuk menjaganya dari bakteri berbahaya.

Proses mencairkan makanan dan membekukannya kembali dapat merusak kualitas mereka dan membuatnya terpapar dengan bakteri.

Walaupun mengonsumsi produk daging yang dibekukan selama bertahun-tahun di suhu yang telah ditentukan, tidak akan membuat Anda sakit. Namun, rasanya akan jauh berbeda dengan ketika mereka masih dalam kondisi segar.

Untuk itu, disarankan agar membuang daging panggang, steak, dan potongan daging yang telah berada di freezer Anda selama setahun. Sementara itu, daging giling yang belum dimasak hanya bisa dibekukan selama empat bulan. Daging yang sudah dimasak bisa dibekukan dan masih aman dikonsumsi hingga tiga bulan.

Meski daging beku yang telah kedaluwarsa mungkin terlihat baik-baik saja, cara aman yang bisa Anda lakukan adalah tidak mengonsumsinya. Bagaimana pun, tanggal kedaluwarsa adalah batas aman yang harus Anda perhatikan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya