Lobak Putih, Sayuran yang Paling Banyak Dimakan Orang Jepang

Lobak putih
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tiga Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan
- Kuliner Jepang memiliki reputasi sebagai salah satu kuliner sehat di dunia. Beragam ikan bernutrisi dan sayur mayur musiman sering menjadi bahan utama menu hidangan khas Negeri Sakura tersebut.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak
Nah, tanggal 31 Agustus 2015 lalu, Departemen Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang merilis 20 daftar sayuran yang paling banyak dikonsumsi masyarakat lokal. Daftar tersebut didapat dari sebuah survei yang belum lama ini dilakukan.

KAI Minta Maaf Atas Insiden KRL Anjlok Lintas Kampung Bandan-Rajawali
Dilansir dari laman Rocketnews24, wortel menempati posisi kelima sebagai jenis sayuran yang paling banyak dikonsumsi. Sementara, kubis Napa atau dikenal dengan kubis China, kubis Asia dan bawang bombay berturut-turut menempati urutan ke-4, 5 dan 6.

Posisi teratas ditempati oleh lobak putih. Menurut data pemerintah, lebih dari 1 juta gram lobak putih dikonsumsi oleh 16.307 orang. Dari jumlah tersebut, rata-rata satu orang mengonsumsi 33,8 gram.

Lobak putih atau yang biasa disebut daikon oleh masyarakat lokal memang mudah ditemui di dalam kuliner setempat. Lobak ini sering dimasak sebagai bahan pembuat hidangan berkuah atau rebusan seperti sup, nabe dan masih banyak lagi.

Lobak putih tak hanya lezat, namun juga mengandung sederet nutrisi penting mulai dari vitamin A, B1, B2, C, E, minyak atsiri, beta karotin, niasin, mangan, kolin, asam folik, kalsium, zat besi, fosfor, asam oksalat hingga serat kasar.

Sayuran renyah ini memiliki berbagai manfaat kesehatan, antara lain mengobati jamur, menyembuhkan batu ginjal, menyehatkan kulit, menyembuhkan masalah pada hati, penyakit kuning, ambeien dan kanker. Untuk mengetahui 20 jenis sayuran yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Jepang, berikut ini daftar lengkapnya.

1. Lobak putih
2. Bawang bombay
3. Kubis
4. Kubis Napa
5. Wortel
6. Bayam
7. Tomat
8. Mentimun
9. Jeruk Kabocha
10. Selada air
11. Tauge
12. Daun bawang
13. Brokoli
14. Paprika hijau
15. Akar gobo
16. Terung
17. Mizuna (jenis daun mustard)
18. Kabu (lobak kecil)
19. Akar teratai
20. Bok choy

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya