Tujuh Tips Agar Rumah Bersih dan Bebas Kuman

Ilustrasi Dapur
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Cara Kreatif Bersihkan Rumah
- Aktivitas yang menumpuk dan kesibukan yang tak bisa dihindari akan membuat siapapun kelelahan di malam hari. Ini sering berdampak pada kebersihan rumah.

9 Trik Cerdas Membuat Rumah Terasa Lebih Nyaman
Kebanyakan orang memilih langsung pergi tidur saat tiba di rumah. Mereka bahkan tidak membersihkan atau memeriksa kebersihan rumah sebelum tidur. Padahal, itu akan berdampak buruk pada kesehatan Anda dan keluarga.

Cara Hemat Isi Rumah Baru
Untuk itu, simak tujuh tips agar rumah bersih dan bebas kuman seperti yang dilansir dari laman Boldsky berikut ini.

Jangan jemur pakaian di dalam rumah

Jika Anda mencuci pakaian di malam hari, jangan mengeringkannya di dalam ruangan. Itu akan menyebabkan perkembangan bakteri di dalam rumah dan berisiko menyebabkan masalah kesehatan. Untuk itu, simpan pakaian yang telah dicuci di dalam wadah tertutup dan jemur di bawah sinar matahari di pagi hari.

Cuci piring kotor sebelum tidur

Jangan pernah meninggalkan piring dan alat masak yang kotor di dapur saat malam hari. Ini hanya akan menarik perhatian kecoak dan tikus. Untuk itu, cuci seluruh piring dan alat masak yang telah digunakan setiap malam sebelum tidur. Setelah itu keringkan secara alami. Jangan lupa pula untuk membersihkan tempat mencuci piring Anda dengan potongan jeruk lemon dan satu sendok makan cuka. Ini akan menghilangkan bau dan membuatnya mengkilap.

Bersihkan kompor sehabis masak

Setiap selesai memasak, pastikan untuk selalu membersihkan kompor Anda. Hilangkan noda-noda minyak dan makanan yang tumpah dengan cuka dan garam. Anda juga bisa membersihkannya dengan bantuan sedikit sabun cuci piring.

Bersihkan karpet dan keset

Sangat penting untuk membersihkan debu dan kotoran pada karpet serta keset rumah Anda. Ini akan menghindari keluarga dari reaksi alergi yang mungkin ditimbulkan oleh debu.

Bersihkan tempat tidur

Sebelum beristirahat, Anda juga harus membersihkan tempat tidur terlebih dahulu. Bersihkan debu pada seprai, sarung bantal dan guling.

Simpan sepatu dengan tepat

Hindari menyimpan sepatu dan alas kaki lainnya di dekat tempat tidur. Simpan seluruhnya di dalam laci atau lemari khusus di luar rumah atau di beranda.

Siram toilet

Sebelum tidur, siram toilet atau WC Anda. Hal ini akan membuatnya tetap bersih dan beraroma segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya