Kicauan di Twitter Cerminkan Pendapatan Seseorang

Ilustrasi Twitter.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Kicauan di media sosial Twitter ternyata mampu mencerminkan pendapatan seseorang. Hal itu diungkapkan oleh sebuah penelitian yang belum lama ini dilakukan.

Studi yang menganalisis lebih dari 10 juta kicauan dari 5 ribu pengguna Twitter menunjukkan bahwa mereka yang berpendapatan lebih besar, cenderung lebih banyak mengekspresikan rasa takut dan amarah melalui akun Twitter. Demikian dilansir dari laman Times of India.

Sementara itu, mereka yang sering berkicau tentang hal-hal positif seperfi rasa optimis cenderung memiliki pendapatan yang lebih kecil.

Tentu saja sebagai salah satu media sosial yang populer di dunia, Twitter juga seringkali digunakan sebagai saran diskusi.

Studi yang telah dipublikasikan di jurnal Plus One juga mengungkapkan, orang yang berpendapatan lebih rendah umumnnya berkicau mengenai hal-hal ringan dengan tambahan kata-kata yang kurang sopan.

Sedangkan orang dengan pendapatan yang lebih tinggi cenderung lebih sering terlibat dalam diskusi mengenai politik, perusahaan dan dunia non-profit.

"Pengguna dengan pendapatan atau status sosio-ekonomi lebih rendah menggunakan Twitter sebagai sarana komunikasi di lingkaran mereka," ujar Nikolaos Aletras, peneliti dari University College London.

"Mereka dengan pendapat lebih tinggi menggunakan Twitter sebagai sarana penyebaran berita dan mereka memanfaatkannya secara profesional, bukan untuk kepentingan personal," kata Aletras. (ren)

#BlueRoom, Wadah Temu Kreator Konten dan Audiens Twitter
Twitter buka rungan offline Blueroom

Twitter Hadirkan #Blueroom di RI, Pertama di Asia Tenggara

Ruangan offline ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016