Melongok Aksi Para 'Spiderman' Sampah di Tiongkok

Aksi Spiderman Sampah di Tiongkok
Sumber :
  • Ist/CEN

VIVA.co.id - Mendengar kata Spiderman, yang pertama terbayang di kepala adalah pahlawan komik  dengan kekuatan laba-laba yang berkeliaran menangkap penjahat. Namun, di Tiongkok, kata Spiderman punya definisi yang berbeda. 

Kisah Sukses Pria Probolinggo, Pilih Berdagang daripada PNS

Kata itu merujuk pada sekelompok pria setengah baya yang bekerja sebagai pembersih sampah. Bukan di sembarang tempat, melainkan di tebing-tebing terjal di pegunungan. Di tempat berbahaya itu, mereka memunguti sampah yang ditinggalkan para turis. 

Kelompok itu terdiri dari kurang lebih 140 pria yang setiap harinya menghabiskan 15 jam, mendaki dan menuruni Gunung Xiang di Beijing.

Dari Bisnis Online, Pria 25 Tahun Bisa Beli Rumah dan Mobil

Oleh karena itu, mereka mendapat sebutan pahlawan dari para warga sekitar, juga netizen yang menyebarkan foto-foto aksi mereka di internet. Selain pahlawan, para netizen juga menyebut mereka, 'Spiderman Pembersih'.

Melansir laman People's Daily Online, setiap harinya, para spiderman pembersih itu mengumpulkan hingga berton-ton sampah. Bahkan, di hari libur nasional, mereka bisa mengumpulkan hingga 6 ton sampah, dari 36 ribu pengunjung destinasi wisata populer tersebut.

Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik

"Pekerjaan mereka bukanlah yang mudah," komentar salah satu netizen di media sosial Weibo.

Tak jarang mereka harus rela terluka dan melewati tebing-tebing berbahaya untuk mengumpulkan sampah. Apalagi mereka hanya menggunakan peralatan sederhana seperti pencapit bambu guna mengambil sampah di area yang sulit dijangkau.

Ihsanudin Fanani

Tips Sukses Jalani Usaha Kecil dari Pengusaha Sepatu

Setiap harinya, ia mampu menjual sekitar 500 pasang sepatu

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016