Mencicipi Ragam Olahan Kuliner Serangga di Tokyo

Nasi kare Jepang yang diberi topping beberapa ekor kecoak
Sumber :
  • Twitter @otouhutaishou

VIVA.co.id - Belakangan ini kuliner berbasis serangga tampaknya kian populer di seluruh dunia. Jepang bahkan memiliki acara unik yang khusus dibuat untuk para  penikmati kuliner serangga. Dinamakan Festival Kuliner Serangga, acara tahunan tersebut baru saja diselenggarakan untuk keenam kalinya di Tokyo, tepatnya di kawasan Tamachi.

Dalam gelaran ini, penikmat kuliner ekstrem dapat mencicipi deretan hidangan yang terbuat dari berbagai spesies serangga.

Salah satu yang berhasil menarik perhatian publik ialah sushi serangga seperti nigiri cacing, sushi tawon hitam, sushi ulat sutera dan sushi belalang. Tentu saja serangga disajikan dalam kondisi mentah layaknya daging ikan yang digunakan untuk membuat sushi. Demikian dilansir dari Rocketnews24.

Ada pula hidangan nasi kare Jepang yang diberi topping beberapa ekor kecoak mungil berwarna coklat. Spesies kecoak yang lebih besar disajikan dalam bentuk sate dan dibakar bersama racikan bumbu.

Hidangan Negeri Sakura lainnya yang dikreasikan dengan tambahan serangga adalah shabu shabu sarang larva yang disajikan bersama saus cocolan berbasis ponzu.

Untuk camilan, tersedia biskuit dari beras yang dihancurkan bersama aneka ragam serangga dan kacang.

Tak hanya makanan, festival ini juga menawarkan minuman serangga yang terlihat seperti air putih biasa. Di dalamnya terdapat campuran ekstrak serangga air.

Ini 7 Makanan yang 'Menakutkan'
Cek Harga Daging Piton hingga Tikus di Pasar Ekstrem Ini

Cek Harga Daging Piton hingga Tikus di Pasar Ekstrem Ini

Tak hanya menjual daging hewan liar, tetapi juga hewan peliharaan.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016