Cara Mudah Membuat Ratatouille Seperti di Film Kartunnya

Ratatouille
Sumber :
  • Food Beast

VIVA.co.id – Masih ingat film animasi lucu produksi Pixar berjudul Ratatouille? Film yang dirilis bulan Juni 2007 ini berkisah tentang seekor tikus bernama Remy yang tinggal di Prancis dan sangat mengharga kuliner lezat. Tikus menggemaskan itu juga jago masak dan akhirnya bekerja di salah satu restoran terkenal di Paris.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Nah, penggemar film tersebut pasti tahu betul mengenai hidangan pamungkas yang dibuat Remy dan berhasil memenangkan hati sang kritikus makanan Prancis. Seperti judul filmnya, hidangan ini juga dinamakan ratatouille.

Sebenarnya, ratatouille merupakan hidangan tradisional Prancis yang biasa disantap petani Prancis zaman dahulu dan terdiri dari tumisan sayuran musim panas, mulai dari terung, zucchini, bawang bombay, tomat dan paprika. Ratatouille berasal dari kata 'touiller' yang dalam bahasa Prancis berarti 'mencampur'.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Selain dipotong dadu dan ditumis dengan bumbu, hidangan ini juga bisa disajikan secara elegan dan cantik, persis seperti yang diperlihatkan di film animasi Ratatouille. Teknik memasak yang digunakan untuk menghasilkan ratatouille seperti di film tersebut dinamakan confit byaldi.

Caranya adalah dengan memotong seluruh terung, tomat yang telah direbus selama 45 detik dan dikupas kulitnya, zuchhini hijau dan kuning. Anda harus memotongnya setipis mungkin dan bisa dilakukan dengan bantuan alat khusus bernama mandolin.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Dilansir dari Food Beast, langkah selanjutnya adalah dengan menumis bawang bombay yang telah diiris tipis dan potongan paprika merah bersama sedikit minyak zaitun, garam, lada dan rosemary. Jika sudah matang, haluskan seluruhnya dengan blender hingga teksturnya berubah menjadi layaknya saus kental.

Setelah dihaluskan, oleskan saus di wadah atau pinggan anti panas (sebaiknya pilih yang berbentuk bundar) secara merata. Setelah itu, susun empat sayuran tadi selang-seling di wadah hingga membentuk spiral dan memenuhi wadah. Tuang sedikit minyak zaitun di bagian atas, kemudian panggang di oven hingga matang. Sajikan dengan siraman saus yang tersisa di dasar wadah.

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024