Tips Menghadapi Wawancara di Perusahaan

Ilustrasi Wanita Karier
Sumber :

VIVA.co.id – Wawancara ketika melamar kerja adalah untuk menilai kemampuan seseorang atau kemampuan calon pekerja. Nah, ketika berkomunikasi langsung dengan pewawancara, usahakan untuk bisa menjawab tanpa ada rasa khawatir.

Jawaban Wawancara Kerja yang Membuatmu Terlihat Hebat

Rasa khawatir dapat membuat calon pekerja menjadi tidak baik di mata pewawancara. Untuk itu, berikut tips menghadapi wawancara pribadi, seperti dilansir laman Times of India.

Lakukan penelitian

6 Tips Jawab Pertanyaan dengan Cerdas Saat Wawancara Kerja

Lakukan penelitian intensif mengenai perusahaan yang akan menginterview Anda. Cari tahu mengenai profil perusahaan, kesuksesan, produk dan jasa perusahaan, market yang dituju, dan berbagai hal yang berhubungan dengan perusahaan.

Terlihat cerdas

Tujuh Hal yang Hancurkan Peluang Saat Wawancara Kerja

Menjadi cerdas dan berpakaian elegan tidak hanya membuat Anda terlihat baik, tetapi juga memiliki dampak yang kuat terhadap pewawancara. Cara berpakaian mendefinisikan cara berpikir, bertindak, dan bagaimana orang bereaksi terhadap Anda.

Dengarkan dengan seksama

Memberikan perhatian penuh tidak hanya apa yang dikatakan oleh yang mewawancarai Anda, tetapi juga tentang hal yang tidak dikatakan. Hal ini dapat membuat Anda terlihat lebih mengetahui berbagai hal tentang perusahaan mereka.

Tujukkan antusias Anda dengan bahasa tubuh

Sebuah jabat tangan yang erat, senyum, kontak mata, dan tanggapan positif memastikan bahwa pewawancara merasa percaya diri kepada Anda dan kemampuan Anda untuk dipekerjakan. Jangan sekali-kali tunjukkan postur gelisah atau khawair Anda kepada mereka, karena hal ini dapat membuat Anda terlihat buruk di mata mereka.

Jawab hanya pertanyaan yang diminta

Dengarkan dengan seksama apa yang ditanya oleh mereka. Jika Anda tidak mengerti apa yang ditanyakan, tanya kembali agar jawaban Anda tidak menyimpang. Usahakan jangan menjawab melebar dari pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara.

Ajukan pertanyaan

Diakhir wawancara, usahakan untuk mengajukan pertanyaan, baik tentang perusahaan, penghasilan, jam kerja atau yang berhubungan dengan Anda ketika bekerja di perusahaan tersebut. Terakhir, usahakan jangan bertanya yang memberi kesan Anda tidak tertarik dengan pekerjaan tersebut.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya