Anak-anak PAUD Belum Perlu Diajarkan Membaca

Ilustrasi homeschooling.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebelum anak mulai mengenyam pendidikan dasar, anak wajib mendapatkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang merupakan jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar. PAUD dilakukan sebagai upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia enam tahun.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Biasanya di rentang waktu ini anak diberi rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut.

Meski begitu, orangtua disarankan agar tidak memaksa anak-anak usia PAUD untuk belajar membaca.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

"Anak PAUD itu tidak boleh dipaksa membaca," ujar psikolog Prof. Sri Hartati MA.,PHD saat ditemui di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 31 Mei 2016.

Hal tersebut menurutnya karena anak usia PAUD disarankan untuk bersosialisasi dan mengenal lingkungan sekolah terlebih dahulu. Ironisnya, banyak sekolah PAUD yang masih mengajarkan anak untuk membaca.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

"Tanamkan cinta sekolah dulu, lihat proses kematangannya di sekolah. Buat anak untuk tahu tanggung jawabnya dulu," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa anak berusia PAUD cukup diajarkan untuk mengenal huruf dan angka saja, namun belum diwajibkan untuk memahami. Jika di usia tersebut anak dipaksa membaca, maka akan mengakibatkan mereka tidak suka dengan sekolah.

"Anak bisa benci sekolah kalau dipaksa seperti itu," kata dia.

Laporan: Diza Liane Sahputri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya