Mengenal Medjool, Kurma Lezat Asal Amerika

Ilustrasi kurma.
Sumber :

VIVA.co.id – Ramadan sudah semakin dekat dan tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan kurma. Jika berbicara mengenai asal usul buah yang identik dengan bulan suci Ramadan ini, mungkin sebagian besar di antara kita menganggap buah tersebut berasal dari Timur Tengah. Sebagian orang lainnya percaya kurma terbaik ada di Timur Tengah.

Gibran Singgung Hasto yang Halangi Pertemuan Megawati-Jokowi

Namun, tahukah Anda bahwa kurma terbaik juga ditemukan di negara bagian Arizona, Amerika Serikat?

Dinamakan medjool, kurma ini tumbuh di kawasan padang pasir Yuma, Arizona. Kafi Kurnia, pakar pemasaran buah, membenarkan bahwa salah satu kurma terlezat ada yang berasal dari Negeri Paman Sam.

Amicus Curiae yang Diajukan Megawati Dinilai Tak Independen, Pengamat: Bisa Ditolak MK

Ia menjelaskan bahwa kelezatan kurma ini dipengaruhi oleh tempat dan suhu di daerah penanaman buah tersebut. Kurma medjool ditanam di sebuah daerah khusus yang memiliki udara gurun.

"Kurma ini enak karna ditanam di daerah yang sangat khusus di Arizona yaitu di Yuma karena di tanahnya itu udara, atasnya itu udara gurun," kata Kafi seusai kegiatan demo masak di Sea Grain Restaurant, Jakarta Pusat, 31 Mei 2016.

Melitha Sidabutar Pernah Bahas Soal Pernikahan Sebelum Meninggal

Selain itu, ia juga menambahkan, faktor lain yang mempengaruhi kualitas kurma medjool adalah keberadaan sungai bawah tanah yang tidak dimiliki di daerah manapun selain di Yuma.

"Kurma ini ukurannya jumbo. Sekitar 70 persen hasil kurma terbaik dari Yuma dikirim ke Indonesia. Kurma ini tidak diawetkan dan 100 persen natural dan tidak diawetkan dengan madu," kata Kafi.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya