Mengungkap 6 Manfaat Kentang yang Tak Banyak Diketahui Orang

Kentang.
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Berapa kali Anda mendengar orang yang mengatakan bahwa jika sedang diet Anda harus menghindari kentang? Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Meski mengandung karbohidrat tinggi, faktanya kentang bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan, asalkan Anda tahu cara yang tepat mengonsumsinya dan selama Anda menghitung kalori dengan tepat.

Kementan dan Kemenko Marves Bergerak Bersama Mengawal Food Estate Humbahas

Kentang menjadi makanan yang patut dihindari jika disajikan dengan taburan keju, mayonais, krim asam atau digoreng. Inilah yang membuat kentang kehilangan sifat-sifat baiknya.

Untuk mengetahui apa saja manfaat kesehatan kentang, simak beberapa di antaranya, seperti dilansir dari Indian Express berikut ini.

Pemukiman di Mars Bakal Pakai Beton dari Kentang dan Debu Bulan

Baik untuk penderita tekanan darah tinggi

Saat memasak kentang, orang biasanya mengupas kulit kentang dan membuangnya. Padahal kulit kentang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi. Itu karena kulit kentang kaya akan kalium dan memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah.

Bea Cukai Ambon Hadiri Pemusnahan Media Pembawa Tak Bersertifikat

Satu kentang berukuran besar mengandung setidaknya 1.600 miligram kalium, atau hampir setengah jumlah asupan kalium yang disarankan selama satu hari dan hampir empat kali lebih banyak dari kandungan kalium dalam satu buah pisang.

Kaya akan vitamin C

Apakah Anda tahu bahwa satu kentang berukuran sedang mengandung 45 persen dari kebutuhan harian vitamin C? Tidak hanya penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, banyak studi yang menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat menjaga tingkat stres dengan menghentikan sekresi hormon stres.

Membantu penurunan berat badan

Ternyata, kentang juga mampu membantu menurunkan berat badan. Itu karena kandungan serat dalam kulit kentang bukan hanya membantu menjaga jantung tetap sehat, namun juga melancarkan pencernaan. Selain itu,  jika dimakan dengan cara yang benar, kentang dapat membantu menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan dari kulitnya, coba campurkan kentang dengan brokoli.

Kentang bebas lemak, bebas sodium dan rendah gula

Berlawanan dengan apa yang diyakini orang, ternyata kentang rendah gula dan natrium, dan tidak mengandung lemak.  Kentang hanya mengandung sekitar 1 gram gula. Tapi jika Anda menggoreng kentang dengan banyak lemak yang tidak sehat dan garam, tentu saja kentang akan jadi menu makanan yang buruk.

Mengandung mangan

Anda mungkin kurang akrab dengan nutrisi ini, tapi itu bukan berarti tubuh Anda tidak membutuhkannya. Mangan memainkan peran penting dalam memproses protein, karbohidrat dan kolesterol, serta juga terlibat dalam pembentukan tulang. Satu buah kentang berukuran besar memiliki kulit yang mengandung 33 persen dari asupan mangan yang direkomendasikan sehari-hari.

Kaya vitamin B6

Vitamin ini membantu dalam memproduksi hormon otak yang penting. Kentang mengandung 46 persen dari asupan B6 harian yang direkomendasikan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya