Ketahui Makna Simbol yang Tertera di Botol Plastik

Ilustrasi botol plastik
Sumber :
  • Pixabay/techmania

VIVA.co.id – Setiap Anda minum air dalam botol kemasan, pasti Anda sempat menerka-neerka apa makna di balik lambang yang tertera di botoltersebut. Simbol-simbol tersebut adalah simbol daur ulang yang memiliki informasi khusus terkait material apa yang digunakan untuk membuat botol plastik tersebut.

1.000 Botol Plastik Disulap Jadi Perahu Keren, Hasil Karya Petugas ini Bikin Melongo!

Dilansir dari laman Boldsky, selain bahan baku kemasan, lambang tersebut juga mengindikasikan bagaimana proses daur ulang botol tersebut. Dari lambang itu pula Anda bisa tahu mana botol yang bisa Anda gunakan berkali-kali.

Plastik Tipe 1 (PETE atau PET)

Fokus Gencarkan Daur Ulang Sampah

Jika Anda menemukan angka 1 pada bagian bawah botol, artinya botol tersebut terbuat dari polythylene terephthalate (PETE atau PET). Plastik jenis ini biasanya ditemukan pada botol soda atau air mineral. Secara umum, plastik ini juga tergolong tidak membahayakan dan kerap didaur ulang.

Plastik Tipe 2 (HDPE)

Ketika Sampah Disulap Jadi Instalasi Karya Seni Berkelas

Hampir seluruh botol susu, detergen, botol jus dan botol untuk perlengkapan mandi lain dibuat dengan plastik jenis ini, plastik polyethylene padat.

Plastik Tipa 3 (PVC)

Plastik ini umum ditemukan untuk membungkus makanan, botol untuk minyak goreng atau pipa air. Plastik jenis ini jarang masuk kedalam daftar limbah daur ulang.

Plastik Tipe 4 (LDPE)

Berbeda dengan HDPE, plastik satu ini biasanya berupa kantong plastik, pembungkus makanan, botol yang dapat diremukkan atau plastik pembungkus kue. Plastik ini tergolong aman, namun tidak ramah untuk didaur ulang.

Plastik Tipe 5 (PP)

Plastik jenis ini terbuat dari bahan polypropylene. Botol obat, saus, sirup dan sedotan umumnya dibuat dari plastik jenis ini. Beberapa stoples juga dibuat dengan menggunakan plastik jenis ini.

Plastik Tipe 6 (PS)

Plastik ini terbuat dari polystyrene atau dikenal dengan nama styrofoam. Biasanya dibuat untuk piring atau gelas satu kali pakai. Plastik tipe 6 berpotensi mengeluarkan senyawa kimia beraccun saat bertemu dengan suhu panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya