Cara Mudah Buat Saus Karamel Sendiri di Rumah

Ilustrasi hidangan dengan karamel
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA.co.id – Saus karamel adalah salah satu bahan yang cukup sering digunakan di banyak resep. Karamel tercipta ketika Anda memasak gula atau cokelat dalam suhu tertentu dan waktu tertentu hingga meleleh dan menjadi karamel. kelembapan yang timbul saat memasak gula atau cokelat.

Kejagung Kembali Jerat 1 Tersangka Korupsi Impor Gula, Direktur SMIP Ditahan

Banyak yang mengira membuat saus karamel adalah pekerjaan yang sulit. Padahal Anda hanya membutuhkan dua bahan dasar, yaitu gula pasir dan air. Rasionya adalah 1 cangkir gula dan 1/4 cangkir air.

Yang perlu diingat, penting untuk menggunakan wajan berukuran besar dan berkualitas baik untuk mencegah gosong. Anda juga harus menggunakan gula pasir halus, karena gula pasir yang kasar seringkali masih mengandung kotoran yang dapat mencegah proses karamelisasi terjadi secara merata. Demikian dilansir dari laman Leaf.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

-Campurkan gula dan air dalam wajan. Atur agar api kecil dan aduk dengan sendok kayu sampai gula larut.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

-Kemudian gunakan api besar dan biarkan air gula yang sudah larut menjadi mendidih. Jangan mengaduk gula meski mendidih atau mungkin mengembang dan muncul butiran kristal. Tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk lemon untuk membantu mencegah rekristalisasi.

-Masukkan kuas kue dalam air dan basuh setiap gula kering yang terbentuk di sisi panci. Ini mencegah gula mengkristal.

-Setelah itu gula akan berubah warna menjadi kecokelatan dan warnanya akan terus menghitam saat dimasak. Matikan api setelah gula berubah warna menjadi karamel gelap. Segera tuangkan gula karamel ke dalam masakan Anda.

-Anda juga dapat membuat gula karamel berwarna cokelat tua tanpa menambahkan cairan. Tuangkan gula dalam ke dalam wajan dan panaskan dengan api sedang.

-Jangan aduk, dan biarkan gula larut. Setelah sebagian gula mencair, aduk sehingga gula cair menyebar melalui bagian kering di wajan.

-Ketika warna karamel terlalu gelap, Anda bisa menambahkan mentega, krim atau apa pun agar konsistensi saus karamel menjadi seperti yang Anda inginkan.

Ilustrasi hidangan dengan karamel

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya