Waspada Bakteri Berbahaya di Empat Bahan Makanan Ini

logo medis / kesehatan
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Bahan makanan yang segar, tentunya memiliki banyak kebaiakan yang bsia diberikan kepada tubuh. Selain kaya vitamin, sayuran segar juga tentunya lebih nikmat disantap, tanpa harus dimasak.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Namun berhati-hatilah, karena beberapa bahan makanan yang segar juga berpotensi memberi penyakit ke tubuh. Hal ini berkait kandungan bakteri yang ada pada bahan-bahan tersebut, yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Apa saja? Simak ulasannya dilansir dari laman
Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan
Health .


Kecambah

Akrab dengan nama taoge, jenis kecambah adalah bahan makanan yang tak asing dengan lidah orang Indonesia. Namun, berhati-hatilah dengan kandungan bakteri yang bisa menempel pada tanaman kecambah, karena bisa menganggu kesehatan. Kandungan bakteri berbahaya tersebut, di antaranya Samonella, Listeria, dan bakteri E-coli, yang berbahaya bagi kesehatan sistem cerna.


Salad hijau


Sayur mayur berdaun hijau, juga tak luput dari serangan bakteri yang bisa saja berasal dari pupuk yang digunakan. Namun, adanya bakteri di dalam salad sayur yang seharusnya sehat ini, juga bisa terjadi karena kelalaian yang mengolahnya. "Beberapa orang membuat salad tanpa mencuci tangan terlebih dahulu," ujar salah satu peneliti, yang mengungkapkan salad ini bisa menjadi alasan kasus keracunan makanan yang terjadi di Amerika Serikat beberapa tahun lalu.


Tiram


Untuk yang menyukai makanan laut tentunya menyantap tiram adalah salah satu kegemaran. Namun waspadalah, karena memakan tiram terlalu banyak, bisa memicu perkembangan bakteri vibrio, khususnya Anda yang senang menyantap tiram dalam keadaan mentah. Bakteri ini adalah bakteri yang menyebabkan beberapa kasus keracunan makanan, dan memberikan dampak seperti mual, muntah, dan diare yang mengganggu.


Semangka


Tak hanya sayur, buah semangka juga biasa menjadi sarang berkembangnya bakteri berbahaya, yang bernama Listeria yang bisa menyebabkan masalah pada organ cerna. Yang lebih para lagi adalah kuman Listeria ini, bisa berkembang bahkan dala keadaan yang dingin, seperti di dalam lemari es. Untuk itu penting sekali bagi Anda untuk menjaga kebersihan makanan agar tidak berujung pada kasus keracunan yang mengganggu kesehatan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya