Mengenal Gejala Penyakit Jantung Koroner

Ilustrasi serangan jantung
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Banyak orang pernah mendengar tentang penyakit jantung koroner, namun tak banyak yang tahu, apa saja gejala dari penyakit berbahaya ini. Dokter Rahajeng dari laman Meetdoctor menjelaskan, bahwa gejala yang muncul pada penyakit jantung koroner, adalah sering nyeri dada iskemik yang khas.

“Rasanya seperti ditekan benda berat dan menjalar hingga ke leher, lengan kanan, dan punggung. Hal ini bisa disebabkan oleh angina pektoris stabil (APS), angina pektoris tidak stabil (APTS) atau IMA (infark miokard akut),” ucapnya. Oleh karena itu, menurutnya ada keluhan nyeri dada yang memerlukan perhatian serius.

Terutama nyeri dada yang memiliki karakteristik mengalami perubahan kualitas nyeri, seperti meningkatnya frekuensi atau beratnya nyeri, atau nyeri dada yang dirasakan saat beristirahat.

Perlu juga waspada pada nyeri dada yang tidak hilang, dengan istirahat atau pemberian nitrat sublingual. Gejala lain yang mungkin menyertai adalah sesak napas, perasaan melayang, bahkan pingsan.

Empat Trik Mengatasi Penyakit Kecil Tanpa Obat

“Bila dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter, maka dapat ditemukan hipertensi, pembesaran jantung, dan kelainan bunyi jantung dan bising jantung,” ujarnya.

Ilustrasi minum

Cuaca Panas, Ini Cara Hadapi Radang Tenggorokan

Sebenarnya untuk mencegah radang sangat mudah, obati saja gejalanya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016