Studi: Orang Bermata Biru Cenderung Kecanduan Alkohol

Ilustrasi mata biru
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ilmuwan Ungkap Alasan Mata Terpejam saat Ciuman
- Para ahli menemukan fakta mengenai hubungan genetik yang kuat antara warna mata dan ketergantungan alkohol yang dimiliki seseorang.

Bungkam Watford, MU Samai Poin ManCity
Dilansir dari Daily Meal, para peneliti dari University of Vermont melakukan serangkaian studi dan menemukan bahwa orang-orang dengan mata berwarna biru lebih cenderung menjadi pecandu alkohol dibandingkan dengan orang dengan warna mata yang gelap.

Trik Ampuh Membuat Mata Tampak Lebih Besar
Studi yang telah dipublikasikan di American Journal of Medicine Genetics Part B: Neuropsychiatric itu melibatkan lebih dari 1.200 orang Eropa dan Amerika. Setelah dites, hasil menunjukkan bahwa gen yang menentukan warna mata memiliki kromosom yang sama dengan gen yang berperan dalam kondisi kecanduan alkohol seseorang.

"Kami masih belum mengetahui alasannya. Ini adalah gangguan yang kompleks," ujar asisten profesor mikrobiologi dan genetika molekular, Dawei Li, Ph.D.

Li mengatakan dibutuhkan studi lebih lanjut untuk menentukan sifat hubungan genetik. Ia dan timnya juga berencana  menggali lebih dalam apakah hubungan tersebut tercipta akibat faktor genetika atau faktor-faktor budaya lain.

Jika hubungan genetik ini diselidiki lebih lanjut, Li mengatakan temuannya nanti bisa menjadi alat penting untuk klinik diagnosis ketergantungan alkohol.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya